HEADLINE

KNPB: Kegiatan di Halaman Gereja Bagian dari Ibadah

"Menurut KNPB, polisi membubarkan acara tersebut dengan brutal. "

Eli Kamilah

Victor Yeimo dari KNPB (Foto: suarapapua.com)
Victor Yeimo dari KNPB (Foto: suarapapua.com)

KBR, Jakarta - Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Victor Yeimo menyebut kegiatan yang dilakukan di halaman Gereja Kingmi Jemaat Golgota, Mimika, Timika, Papua, adalah rangkaian dari ibadah gereja hari itu. 

Kata dia, kegiatan yang digelar pasca ibadah adalah bentuk doa yang perlu disampaikan kepada umat. Dia menilai polisi seharusnya bisa menghormati tiap warga untuk berkumpul dan berpendapat di depan umum.

"Kita kan ingin menyampaikan kepada umat. Karena agenda itu(orasi-red) pokok doa dari ibadah itu. Hal itu masih menjadi bagian dari kebebasan berkumpul dan berpendapat, bukan juga di tempat umum tapi di gereja," kata Victor kepada KBR, Rabu (6/4/2016).

Victor juga menyangkal jika para anggota KNPB membuat gaduh terlebih dulu dengan memukul anggota Polres Mimika. Dia menyebut, polisi dengan brutal membubarkan kegiatan di halaman gereja Golgota. 

"Sama sekali bohong mereka kena pukul itu kapolres. Anda bisa lihat sendiri, itu di kronologis videonya, bagaiman mereka masuk langsung pukul itu,"tambah dia.

Saat ini, kata dia 15 anggotanya yang ditangkap masih di tahan di Polres Mimika. Belasan anggotanya juga belum bisa dijenguk anggota keluarganya yang lain.

Kegiatan yang digelar kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di halaman Gereja Kingmi Jemaat Golgota, Kampung Bhintuka (SP 13), Distrik Kuala Kencana, Mimika, Timika, Papua, Selasa (5/4/2016) terpaksa dibubarkan.

Aparat gabungan yang terdiri dari Polres Mimika bersama TNI, yakni Koramil 1710-02/Kuala Kencana membubarkan paksa karena dalam penyampaian orasi menyebutkan materi terkait referendum.

Pada saat pembubaran tersebut, Kapolres Mimika, AKBP Yustanto Mujiharso, terkena pukulan salah seorang aktivis KNPB. Peristiwa itu terjadi di tengah-tengah kegiatan orasi. Ketika itu, Kapolres meminta pembawa orasi untuk turun dari panggung, namun dihalang-halangi oleh aktivis lainnya.

Sebelumnya, agenda KNPB kemarin pagi hingga siang adalah melakukan ibadah pemulihan Bangsa Papua dan aksi damai yang dilanjutkan dengan pembagian hadiah perlombaan yang diikuti sekitar 100 orang massa simpatisan KNPB Mimika.

Kegiatan dimulai pukul 09.48 WIT hingga pukul 11.33 WIT, di halaman Gereja Golgota SP 13, Distrik Kuala Kencana. Namun, dalam kegiatan itu massa KNPB menyertakan sejumlah atribut KNPB. 

Sebelumnya: Polisi Bantah Bubarkan Ibadah di Mimika

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • KNPB
  • Papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!