NUSANTARA

Puncak Arus Balik di Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Diprediksi Hari ini

"Puncak arus balik lebaran dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali diperkirakan terjadi pada 15 April 2024."

Hermawan Arifianto

Puncak Arus Balik di Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Diprediksi Hari ini
Ilustrasi. Suasana pemudik sepeda motor memasuki kapal di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Jumat (5/4/2024). (Foto: ANTARA/Nyoman Hendra)

KBR, Banyuwangi - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, memprediksi puncak arus balik Lebaran, dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali terjadi pada Senin, 15 April 2024.

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi, Syamsudin mengatakan arus balik Hari Raya Idul Fitri dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali, diperkirakan terus mengalir. Ia optimistis saat arus balik tidak akan sampai terjadi penumpukan penumpang seperti yang terjadi pada arus mudik lalu.

Syamsuddin mengatakan arus balik tidak sepadat sebelumnya, karena tradisi masyarakat pekerja swasta ingin menetap lebih lama di kampung halaman untuk mengikuti tradisi Lebaran Ketupat atau perayaan yang digelar sepekan setelah Idulfitri.

“Dari data yang sudah masuk, dibanding hari kemarin sampai dengan hari ini, untuk penumpang sudah ada kenaikan mendekati 30 persen. Kendaraan penumpang khususnya sudah naik dibanding hari kemarin, sudah 60 persen dan prediksi kami hari ini terjadi puncak pertama,” kata Syamsudin di Banyuwangi, Senin (15/4/2024).

Baca juga:


"Setelah itu puncak keduanya setelah Lebaran Ketupat kalau di sini. Kita sudah mempersiapkan berbagai mancam alternatif salah satunya apabila nanti terjadi kepadatan kita sudah menyiapkan sistem bufferzone di sisi utara dan sisi Selatan," tambah Syamsudin.

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi, Syamsudin menambahkan, pada arus balik Lebaran ini, pihaknya juga melakukan skrining kendaraan roda empat yang belum memiliki tiket kapal feri di Bufferzone atau kantong parkir sebelum masuk area Pelabuhan Ketapang.

Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan pada momen arus balik Labaran ini.

Berdasarkan data dari Posko Mudik dan Balik Lebaran PT ASDP Ketapang, jumlah penumpang di penyebrangan Ketapang- Gilimanuk pada H+1 Lebaran mencapai lebih dari 28 ribu orang. Sedangkan pada H+2 meningkat mencapai lebih dari 33 ribu orang.

Editor: Agus Luqman

  • Arus Balik
  • Lebaran 2024
  • Idulfitri 2024
  • mudik 2024
  • Arus Mudik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!