NASIONAL

Presiden Jokowi Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Skema Pembiayaan

"Jokowi juga mengakui, perlu upaya ekstra untuk mengedukasi masyarakat tentang cara mengakses berbagai fasilitas pembiayaan."

Astri Yuanasari

UMKM
Presiden RI puji sikap disiplin ibu nasabah Mekaar saat kunjungannya di GOR Basket Bekasi, Jawa Barat (16/02/2024). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah UMKM untuk memanfaatkan berbagai skema pembiayaan yang diberikan pemerintah. Dorongan ini sekaligus merespons keluhan pelaku UMKM yang kesulitan mengakses modal Kredit Usaha Rakyat KUR.

"Sebetulnya kita ini kan punya skema yang macam-macam. Untuk yang sampai Rp500 juta ada yang namanya KUR, bunganya pun hanya 6 persen per tahun. KUR bisa Rp25 juta sampai Rp500 juta ke bank-bank pemerintah. Yang kedua, kita juga punya yang namanya PNM Mekaar, itu yang untuk pinjaman sampai Rp10 juta, dua juta, lima juta, tujuh juta dengan sistem gandeng renteng, ada semuanya kok," kata Jokowi saat berkunjung ke Pasar Sungai Ringin, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Kamis (21/3/2024).

Presiden Jokowi menambahkan, selain Permodalan Nasional Madani PNM "Mekaar", pelaku UMKM juga bisa mengakses program Ultra Mikro (UMi) yang menyediakan pinjaman lebih kecil lagi untuk mendukung usaha yang sangat kecil atau ultra mikro.

Menurut Jokowi, program-program pembiayaan itu dirancang untuk mudah diakses tanpa agunan.

Jokowi juga mengakui, perlu upaya ekstra untuk mengedukasi masyarakat tentang cara mengakses berbagai fasilitas pembiayaan yang telah disediakan pemerintah.

"Hanya masyarakat mungkin belum terinformasi dengan baik. Ini sebetulnya bisa ke bank, bisa ke lembaga PNM Mekaar, bisa ke UMi, banyak sekali yang bisa asal usahanya produktif, tanpa agunan. Yang untuk PNM Mekaar dan UMi itu tanpa agunan," pungkasnya.

Baca juga:

Jokowi Dorong Peran Perbankan untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM

Ini Alasan Jokowi Beri Perhatian Khusus ke UMKM

Hari ini (Kamis, 21/3/2024) menjadi hari kedua kunjungan kerja Presiden Jokowi di Kalimantan Barat. Siang tadi, Presiden juga memantau pergerakan harga berbagai komoditas di Pasar Sungai Ringin, Kabupaten Sekadau.

Sebelumnya, Jokowi meninjau layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Pontianak.

Editor: Fadli

  • UMKM
  • KUR

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!