NASIONAL

Ini Alasan Jokowi Beri Perhatian Khusus ke UMKM

""Pemerintah memberi subsidi 46 triliun rupiah agar bunganya bisa turun di angka 3 persen untuk usaha mikro dan usaha kecil 6 persen.""

Astri Septiani

BRI Microfinance Outlook 2024
Sambutan Presiden Jokowi pada Pembukaan BRI Microfinance Outlook 2024, Jakarta, Kamis (07/03/24). (Setpres)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa langkah pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan hal yang tepat. Ia membeberkan sejumlah alasan yakni UMKM memiliki andil yang besar terhadap ekonomi hingga penyerapan tenaga kerja. 

Hal ini disampaikan Jokowi dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta.

"Kita tahu jumlah UMKM kita itu kurang lebih 65 juta. Dan kontribusi terhadap PDB ekonomi kita 61 persen. Sangat besar sekali. Dan penyerapan tenaga kerja di sektor UMKM, 97 persen. Sebuah angka yang juga sangat besar sekali. Oleh sebab itu kalau kita memberikan perhatian khusus kepada UMKM itu tidak salah," kata Jokowi dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (07/03/24).

Jokowi juga menyatakan pemerintah juga ikut melakukan upaya lain yakni memberi subsidi sebesar 46 triliun rupiah untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membantu UMKM. Kata dia, angka tersebut merupakan angka yang besar.

"Pemerintah memberi subsidi 46 triliun rupiah agar bunganya bisa turun di angka 3 persen untuk usaha mikro dan usaha kecil 6 persen. Jangan dipikir 46 triliun kecil. Itu angka gede. Kalau dibuat waduk jadi 40 waduk," kata Jokowi.

Baca juga:


Selain itu, Jokowi juga mengaku senang sebab menurut laporan Direktur Bank Rakyat Indonesia (BRI ), digital banking atau perbankan digital telah menyasar sampai ke lapisan bawah. Ia mendorong agar capaian tersebut juga diapresiasi.

"Digital banking betul2 berjalan di BRI. Bayangkan mengelola 740 ribu warung BRIlink, agen BRIlink dengan transaksi pertahun tadi pak Dirut menyampaikan 1.400 triliun rupiah. Ngurusin urusan yang kecil-kecil diurusi rentenir-rentenir dimana-mana sekarang diambil alih BRI. Ini juga yang harus kita apresiasi," tambahnya.

Editor: Rony Sitanggang

  • Presiden Jokowi
  • ekonomi
  • UMKM
  • BRI Microfinance Outlook
  • KUR

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!