NASIONAL

Gibran Tanggapi Gugatan PHPU yang diajukan ke MK

"Salah satu bunyi petitum yang diajukan ke MK adalah pendiskualifikasian Prabowo-Gibran sebagai peserta Pilpres 2024. "

Yudha Satriawan

Gibran Tanggapi Gugatan PHPU yang diajukan ke MK
Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka. Foto: ANTARA

KBR, Solo- Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, menanggapi gugatan hukum yang diajukan Paslon 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Paslon 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md ke Mahkamah Konstitusi MK.

Salah satu bunyi petitum yang diajukan ke MK adalah pendiskualifikasian Prabowo-Gibran sebagai peserta Pilpres 2024.

Gibran mempertanyakan sikap legowo paslon lain dalam kontesasi di Pemilu 2024.

"Misalnya nanti diulang, terus jagoan kalah apa minta diulang lagi? Apakah minta diulang sampai jagoannya menang? Sekali lagi kalau ada yang kurang berkenan, silakan melalui jalur yang sudah ada, kan sudah ada mekanisme sendiri, dari paslon 01 dan 03 jika ada hal-hal yang kurang berkenan sudah ada jalurnya masing-masing monggo. Ya, monggo diproses saja seusai jalur yang sudah ada," kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin, (25/3/2024).

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tidak mempersoalkan gugatan yang dilayangkan paslon 01 dan 03.

Sebelumnya, Tim Hukum Paslon nomor urut 01 Anies-Muhaimin dan Paslon 03 Ganjar-Mahfud mengajukan gugatan PHPU 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Kedua kubu mempermasalahkan pencalonan Gibran sebagai cawapres nomor urut 02.

Mereka menolak hasil Pilpres 2024 dan meminta MK mendiskualifikasi Gibran Rakabuming dari konstetasi pemilu. Selain itu, paslon 01 dan paslon 03 meminta pemilu diulang serentak di Indonesia.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • PHPU
  • MK
  • Gibran Rakabuming
  • Pemilu 2024

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!