BERITA

Pemalsuan Dokumen Jamaah Haji, Ini Kata Depag Kabupaten Bogor

"Kantor Departemen Agama (Kandepag) Kabupaten Bogor buka suara terkait adanya jamaah haji, asal Kabupaten Bogor yang gagal berangkat karena diduga memalsukan dokumen. "

Rafik Maeilana

Ilustrasi Paspor Palsu. Foto: Antara
Ilustrasi Paspor Palsu. Foto: Antara

KBR, Bogor – Kantor Departemen Agama (Kandepag) Kabupaten Bogor buka suara terkait adanya jamaah haji, asal Kabupaten Bogor yang gagal berangkat karena diduga memalsukan dokumen. Pihak Kandepag Kota Bogor mengklaim sudah melakukan pemeriksaan terhadap dokumen tersebut.

 

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Hadiyono mengatakan, semua dokumen jamaah haji yang diberangkatkan dari kloter pertama hingga kloter tiga, itu sudah diverifikasi dan semua lengkap tanpa ada kekurangan. Pihak Depag pun, lanjutnya, tidak tahu menahu terkait adanya dokumen yang katanya dipalsukan.

 

“Setelah diberi informasikan, ternyata kita klarifikasi sekarang. Itu bukan pemalsuan dokumen. Dokumennya benar, tetapi penyalahgunaan dokumen. Tertera dokumen atas nama pemilik, tetapi yang berangkat orang lain,” katanya saat ditemui KBR di kantornya, Jumat (28/08)

 

Hadiyono menjelaskan, seharusnya pada dokumen yang bermasalah itu, yang mendapat hak untuk berangkat atasnama Abdillah Ishak Nashran, namun pada saat keberangkatan terdata atas nama Zaenal Arifin, warga Kalurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

 

“Nah kalau hubungan antara keduanya saya belum tahu, kita tidak bisa menyatakan dia saudara atau  bukan.  Jadi Abdillah sakit, lalu yang berangkat Zaenal Arifin,” jelasnya.

 

Terkait kasus ini, lanjut Hadiyono, pihaknya mengaku amat dirugikan. Ia pun meminta kepada pihak Imigrasi untuk memeroses secara hukum terkait dua orang yang sekarang ditahan. Pihak Depag Kabupaten Bogor, kata dia, belum bisa bersikap sebelum ada hasil dari Kantor Imigrasi Bekasi.

 

Sebelumnya, jamaah haji asal Kabupaten Bogor gagal berangkat lantaran diduga memalsukan dokumen. Hal itu terbongkar ketika Kantor Imigrasi Bekasi melakukan pengecekan dokumen di Asrama Haji Pondok Gede. 

  • dokumen haji palsu
  • haji dan umroh
  • dokumen haji bermasalah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!