BERITA

Jelang Mudik, Kemenhub Akan Ujicoba Wajib e-Tol Card

""Kalau memang bisa, kenapa nggak langsung aja kita buat jadi lebaran ini?" kata Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto."

Ria Apriyani

Jelang Mudik, Kemenhub Akan Ujicoba Wajib e-Tol Card
Kemacetan saat arus mudik libur panjang di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/5/2016). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Kementerian Perhubungan akan mengupayakan pembayaran layanan jalan tol pada mudik lebaran tahun ini seluruhnya menggunakan kartu pembayaran elektronik (e-toll card).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar menjelaskan, saat ini pemerintah sedang berkoordinasi dengan bank-bank dan pihak terkait lainnya.


"Yang namanya toll gate yang masih menggunakan uang diharapkan nanti tidak menggunakan uang. Jadi pakai kartu, semua akan dicoba itu bisa atau tidak. Kata Pak Menteri itu bisa. Contohnya menggunakan kartu ATM, debit, itu tinggal ditempel saja, nanti bisa. Itu akan diupayakan," kata Pudji Hartanto, usai rapat kordinasi soal transportasi mudik tahun ini, Jumat (27/5/2016).


Pudji Hartanto mengatakan uji coba pembayaran tol dengan kartu elektronik akan segera dilakukan. Jika uji coba berhasil, maka diharapkan cara ini bisa mulai diterapkan tahun ini.


Pudji optimis saran dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan ini bisa membantu mengurai kemacetan di jalan tol. Ia yakin masyarakat juga akan menyambut baik cara ini.


"Semua kan pasti punya kartu. Supir transportasi umum juga pasti punya. Makanya nanti kita lihatlah. Kalau memang bisa, kenapa nggak langsung aja kita buat jadi lebaran ini?" kata Pudji.


Sebelumnya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengusulkan dua alternatif mengurangi kemacetan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2016. Usulan itu adalah menggratiskan biaya penggunaan jalan tol, atau menerapkan sistem pembayaran secara berbasis elektronik atau dengan kartu tol.


Namun usulan itu belum mendapat tanggapan dari Kementerian Pekerjaan Umum selaku lembaga yang membawahi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Jonan mengatakan tidak ingin memaksakan agar BPJT menyetujui ide tersebut.

(Baca: Selama Mudik Lebaran, Singgah di Rest Area Lewat Dua Jam Kena Denda )

Editor: Agus Luqman 

  • mudik lebaran
  • kemacetan
  • Lebaran 2016
  • Kementerian Perhubungan
  • Kementerian Pekerjaan Umum
  • jalan tol
  • pembayaran elektronik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!