OPINI ANDA

Memahami Ekonomi Indonesia (3)

"Diambil dari paparan Menko Perekonomian Darmin Nasution kepada media. "

Memahami Ekonomi Indonesia (3)

Ekonomi perlu tumbuh untuk menyerap tenaga kerja…

Ada analis yang mengatakan, “Kenapa kok repot-repot? Nggak apa-apa kan pertumbuhan 4-5%? Oke, memang situasi sedang begini.” Ya memang tidak apa-apa. Tapi untuk menyerap 2,5 juta tambahan angkatan kerja setiap tahun, dilihat dari pengalaman ekonomi kita, kita perlu pertumbuhan di atas 6%. Nah, itu dia.

Kecuali kita terima pengangguran akan makin banyak. Atau ekonomi kita sebenarnya cukup lentur. Jadi jangan dianggap ekonomi kita itu begitu kaku sehingga dia selalu hanya bisa menyerap tambahan angkatan kerja kalau pertumbuhannya 6,5% atau bahkan 7%. Kalaupun pertumbuhan 5%, dia serap juga, tapi menyerapnya melalui sektor informal. Jadi, orang tetap berkerja. Kalau enggak kerja, ya nggak makan dia. Jadi bagaimana caranya? Ya apa sajalah di sektor informal, terima saja.

Ada satu gejala yang relatif positif, yaitu di sektor pertanian.  Jumlah rumah tangga pertanian, Rumah Tangga Petani istilahnya, itu selama periode 2003-2013 jumlahnya turun. Secara absolute turun jumlahnya, karena beberapa hal. (1) Kita punya saluran tenaga kerja dalam bentuk TKI. (2) Di pihak lain, memang proses perpindahan penduduk dari sektor pertanian ke sektor modern itu sudah berlangsung lama walaupun pelan. Sebetulnya indikasinya tidak susah. Perhatikan saja, apalagi ibu-ibu ini pasti tahu, mencari pembantu rumah tangga belakangan ini makin susah. Apalagi dari Jawa. Iya kan? Dapatnya dari Lampung. Di rumah saya, malah ada pembantu sekarang dari mana? Dari NTT.

Itu adalah petunjuk bahwa memang jumlah orang di sektor pertanian mulai turun. Itu berita bagusnya. Jadi walaupun secara total jumlah angkatan kerja yang masuk mencari kerja kira-kira 2,5 juta per tahun, akan tetapi pertambahannya itu tidak melulu dari sektor pertanian. Mereka datang ke perkotaan, hal ini terlihat dari data jumlah Rumah Tangga Petani yang terus menurun.

Kalau Anda lihat data sensus pertanian 2003-2013 akan terlihat dengan jelas betapa mereka-mereka yang mengolah tanah dengan luas di bawah 1.000 meter itu mulai pindah. Wah, sudah mulai turun dia. Itu gejala baik atau gejala buruk? Ada yang mengira, “Wah itu bahaya, kalau turun bagaimana?” Memang harus turun! Negara yang berkembang, jumlah orang di sektor tradisional, sektor pertanian, itu arahnya turun. Kalau enggak, ekonomi negara itu tidak bergerak sama sekali, dan itu akan membuat ruang lebih longgar di sana. Orang bekerja sedikit berkurang dengan jumlah luas tanah yang sama.

Nah, kira-kira latar belakang dari semua ini adalah gabungan dari cerita saya di atas. Ada satu lagi yang mau saya tambahkan. Mudah-mudahan Anda jangan jadi pesimis kalau saya cerita begini. Maksudnya bukan itu sebenarnya, tapi mencoba membacanya seobyektif mungkin.

Satu lagi yang kita saksikan sejak tahun 2012 sampai sekarang adalah ekonomi kita, walaupun terjadi perlambatan pertumbuhan, tapi turunnya tidak drastis. Jadi sebetulnya ekonomi kita dilihat dari segi pertumbuhannya tidak terlalu volatile, tidak terlalu naik turun, relatif stabil. Turun tetapi tidak drastis.

Namun di pihak lain, kalau Anda lihat kurs, kalau Anda lihat nilai tukar itu volatile sekali. Dilihat dari tahun 2012 sampai sekarang, sebentar-sebentar ada kecemasan. Iya kan? “Kecemasan” bahasa Indonesia, bukan bahasa Malaysia. Kalau bahasa Malaysia, “Kecemasan” lain artinya. Ruang Kecemasan, dia bilang, artinya adalah Ruang Gawat Darurat....(tertawa).

Investasi seharusnya dibiayai oleh tabungan. Tapi karena tabungan dalam negeri kita rendah, kita harus meminjam dari luar negeri. Di masa Orde Baru, Debt Service Ratio (DSR) Indonesia dijaga tidak lebih dari 20%. Saat ini, DSR kita lebih dari 50%

Kenapa kita begitu volatile di keuangan khususnya nilai tukar dan tingkat bunga? Karena di sana, sebetulnya kita sangat kurang. Secara globalnya kira-kira begini. Semua orang tahu, investasi itu harus dibiayai dengan tabungan. Iya kan? Semua orang tahu itu. Dibiayai dengan saving. Kemampuan kita membentuk tabungan agak jauh di bawah kebutuhan investasi kita.

Kalau itu terjadi, maka pilihannya hanya tinggal dua. Kita rela menerima pertumbuhan yang rendah supaya bisa dibiayai oleh investasi yang berdasarkan tabungan kita. Masalahnya adalah yaitu kita perlu pertumbuhan yang agak tinggi, 6% lebih itu. Terus bagaimana? Kita harus pinjam.

Kita harus mengundang dana dari luar kalau pinjam sudah nggak cukup. Dan memang tidak cukup. Pinjaman bukan hanya oleh pemerintah, ya. Kalau Anda perhatikan, pertumbuhan pinjaman yang paling cepat justru oleh swasta ke luar negeri. Sehingga sejak dua tahun yang lalu, pinjaman swasta sudah melebihi pinjaman pemerintah.  Dan yang namanya Debt Service Ratio (DSR) --rasio antara pembayaran bunga dan pokok utang yang jatuh tempo dibagi dengan ekspor itu namanya Debt Service Ratio-- sudah meningkat dengan cepat.

Dulu di jaman orde baru, kita memelihara DSR jangan lebih dari 20%. Dia kemudian mencapai 30% pada waktu kita krisis 1998. Sekarang angkanya sudah tinggi sekali. Sudah berada pada angka 50% lebih.

Swasta pinjam. Pemerintah pinjam. Nggak cukup juga. Undang investasi asing, nggak cukup juga. Kita harus mengundang dana segar dari luar, yang main di pasar modal dan main di surat utang. Sehingga di surat utang kita ada 38% dana asing, padahal ini surat utang dalam negeri. Di pasar modal kita ada dana asing mungkin 60%. Di negara lain berapa? Di Thailand itu kira-kira 12-14%. Maka, tidak heran kalau ada dana asing pergi sedikit, langsung kursnya goyang.

Paket deregulasi dimaksudkan untuk menangkal perlambatan ekonomi yang masih terus terjadi. Investasi dipermudah dan kepastian usaha semakin jelas. Ekspor didukung dan ekonomi rakyat digerakkan…

Kembali ke persoalan apa yang kemudian kita lakukan menghadapi volatilitas dan perlambatan di bidang keuangan, kurs dan perlambatan pertumbuhan ekonomi. Penjelasan tadi menunjukkan, diperlukan sesuatu yang agak cepat menunjukkan hasil. Ya secepat-cepatnya yang dilakukan adalah paket-paket deregulasi. Jadi, kalau Anda perhatikan paket-paket deregulasi kita itu, maka yang pokok pertama yang banyak dilakukan adalah menyangkut investasi, ekspor dan termasuk di dalamnya persoalan seperti infrastruktur. Jadi kita mengeluarkan peraturan pemerintah untuk proyek-proyek strategis.

Dalam paket deregulasi, kita mengeluarkan perubahan peraturan perundangan untuk harga gas, kita mengeluarkan peraturan perundangan untuk investasi, kawasan industri, kita mengeluarkan kemudahan dalam peraturan untuk kawasan ekonomi khusus.

Yang namanya kawasan itu ada beberapa, ada inland free trade, ada lagi nanti pusat logistik berikat. Itu semua kawasan. Kenapa itu semua agak fokus pada kawasan, karena biasanya yang makan waktu lama adalah izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Kalau sudah ada AMDAL kawasan, tidak perlu lagi izin satu per satu.

Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) nya pun sudah sangat rinci, termasuk RDTR nya sudah ada di kawasan, berbeda dengan investasi di luar kawasan. Untuk infrastruktur juga begitu. Kita bahkan sudah mulai mengumumkan adanya Perpres untuk pembangunan kilang. Anda tahu, kita membangun kilang terakhir 25 tahun yang lalu. Ada banyak orang yang senang tidak ada kilang di sini, sehingga perlu waktu lama agar kita bisa membangun kilang lagi.

Harga komoditas tahun 2016 depan relatif masih rendah. Penerimaan pajak juga tidak bisa didongkrak karena kita mengandalkan penerimaan pajak perusahaan, bukan perorangan. Di saat ekonomi melambat, keuntungan perusahaan pun turun dan penerimaan pajak kita terganggu….

Kalau kita lihat bulan-bulan terakhir tahun 2015 ini, sebetulnya ada indikasi bahwa ekonomi mulai menggeliat. Perhatikan misalnya pertumbuhan yang sedikit membaik, neraca perdagangan yang --ya, memang ironisnya agak defisit-- tetapi itu menunjukkan impornya mulai bergerak. Itu adalah indikasi bahwa ekonomi mulai menggeliat.

Jadi sebenarnya di 2016 kebanyakan ahli dan peneliti memperkirakan belum ada peningkatan harga-harga komoditas. Situasi itu masih tetap akan kita hadapi. Yang kedua, pengalaman kita menunjukkan kalau ekonomi melambat penerimaan pemerintahnya itu melambatnya lebih cepat. Jadi dia tidak simetris, kalau ekonomi naik, naik juga penerimaan. Kenapa begitu? Karena yang mendominasi penerimaan pajak kita berasal dari perusahaan.

Kalau perusahaan, begitu ekonomi melambat profitnya langsung turun drastis dan berarti penerimaan negara juga melambat. Berbeda kalau penerimaan didominasi oleh pajak perorangan, seperti di negara yang lebih maju. Negara yang lebih maju ditandai dengan besarnya penerimaan dari personal income. Yang namanya gaji, biar ekonomi melambat, jaranglah gaji turun. Kalau gaji diturunkan, ngamuk orangnya.  Biasanya yang terjadi adalah pemutusan hubungan kerja (PHK), bukan gajinya yang turun. Akibatnya apa, kalau suatu negara penerimaannya sudah didominasi oleh pajak perorangan maka dia lebih simetris naik dan turunnya.

Nah bagaimana ke depan? Ke depan yang kita lakukan adalah meneruskan apa yang relatif berhasil pada tahun 2015 ini. Di satu pihak kita mendorong lebih jauh pelaksanaan dari investasi infrastruktur. Supaya berhasil, ya memang perlu perbaikan peraturan, deregulasi dan sebagainya. Seperti apa misalnya? kita sudah mengeluarkan formula untuk upah minimum sehingga bisa diprediksi, walaupun belum 100% comply setiap provinsi, tetapi sekarang kita punya formula itu sehingga bisa diprediksi tahun 2016 akhir berapa kenaikan gaji buruh. Tinggal anda kalkulasi berapa pertumbuhan ekonomi dan berapa inflasi.

Apa kelebihannya kalau bisa diperkirakan dan dihitung? Investor jauh lebih mudah mengambil keputusan, akan beda dengan kalau investor menduga-duga, tahun depan gimana ya? Nah kalau kita bisa melakukan hal yang sama, misalnya untuk tarif listrik, kapan dan berapa kenaikan tarifnya, tentu akan makin memberikan kejelasan dan kepastian kepada investor.

Salah satu area yang belum kita sentuh untuk deregulasi adalah perizinan di daerah. Mau tidak mau, kita harus masuk ke area itu, ya mungkin sedikit lebih ramai, karena pemerintah otonom yang dihadapi. 

Baca bagian pertama di sini, dan bagian kedua di sini . 

Diambil dari paparan Menko Perekonomian Darmin Nasution dalam penjelasan kepada media.   

  • ekonomi indonesia
  • Darmin Nasution

Komentar (17)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • deriza8 years ago

    suatu penjabaran yang logis dari keadaan yg terjadi, ada beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil,setidaknya dalam memilih pemimpin..tulisan2 seperti ini sangat penting dan perlu dibuat pejabat negara sebagai suatu informasi yang terang kepada masyarakat. lanjutkan pak Darmin langkah2 yang bisa memajukan negara kita dan dengan tetap memperhatikan kedaulatan bangsa indonesia.mengenai investasi didaerah memang perlu pemeritah pusat turun tangan,apalagi terkait dengan investasi dan perizinan...jgn sampai semangat pembangunan secara nasional terhenti hanya karena alasan otonomi dan orang2 yang berada didalamnya.trim's

  • Deborah Lynda 8 years ago

    [email protected]

  • illuminati illuminati8 years ago

    Ini adalah kuil besar Illuminati adalah anda mencari, kekayaan, kuasa dan kemasyhuran, adakah anda seorang lelaki perniagaan atau perempuan, adakah anda seorang paderi atau ahli politik atau pensyarah, adakah anda seorang pelajar atau graduan, yang begitu pun anda berada di seluruh dunia dos tidak penting kepada kami, apa yang penting banyak kepada kita adalah untuk melihat anda bahagia dan kaya, kami memberi anda peluang di sini untuk menjadi apa yang pernah jadi anda mahu menjadi dalam kehidupan, menyertai Illuminati rahsia saudara hood dan mendapatkan semua yang anda perlukan dalam hidup, kami menawarkan setiap perkara yang anda perlukan dalam hidup, jika anda benar-benar bersedia untuk membuat dalam kehidupan adalah lebih baik anda menyertai kami sekarang! Sertai Illuminati dan menjadi kaya, terkenal dan known.Join Illuminati dan mempunyai semua yang anda mahu dalam hidup menyertai Illuminati apa-apa adalah anda Dalam dunia hari ini sila e-mel kami sekarang supaya kita boleh meneruskan permintaan anda dari kuil kami, hubungi kami melalui e-mel ini sekarang [email protected] ... atau hubungi 14156537851 ..... California U.S.A

  • don peter7 years ago

    Aku sudah diprogram kartu ATM saya untuk menarik maksimum sebesar $ 50.000 setiap hari untuk maksimal 30 hari. Saya sangat senang tentang hal ini karena saya punya tambang minggu lalu dan saya telah menggunakannya untuk mendapatkan $ 100.000. MR mark wesley adalah memberikan kartu hanya untuk membantu orang miskin dan membutuhkan. ia juga nasihat kami untuk membantu orang miskin di sekitar kita ketika kita mendapatkan kartu sehingga tthat Allah akan menjaga memberkati kita semua. mendapatkan Anda dari dia sekarang. Hanya mengirimkan email pada [email protected]

  • Alyasaa Daburah Lenders7 years ago

    Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu dana untuk membayar sewa Anda? kau finansial turun dan Anda perlu beberapa dana untuk menjaga bisnis Anda di? Anda ingin memiliki industri dan dana Anda tidak oke? Apakah Anda ingin membangun atau membeli rumah? kami menawarkan sejumlah uang yang besar itu. Di sini kita untuk membantu, semua yang kita butuhkan dari Anda adalah informasi Anda tahu lebih banyak. Jadi mengapa tidak menghubungi kami di [email protected]

  • illuminati6 years ago

    Illuminati adalah salah satu keluarga yang paling berkuasa, menyertai kami hari ini dan menjadi salah satu daripada orang yang paling berkuasa di dunia, dengan kami anda mempunyai keupayaan untuk bertindak atau menghasilkan kesan kenalan [email protected] atau terlepas iman pada whatsApp dengan nombor ini +2347037154192 terima kasih

  • illuminati worldwide headquarter.3 years ago

    Salam dari pesanan pencerahan yang hebat untuk negara bersatu dan untuk seluruh dunia, ini adalah peluang terbuka untuk menyertai persekutuan Orang-orang Tercerahkan di mana anda dapat memperoleh kembali impian anda yang hilang, dan juga di mana anda dapat melihat cahaya kekayaan dan kebahagiaan tanpa pengorbanan darah. Dan kami juga membayar sejumlah $ 550,000 untuk mendapatkan semua ahli baru ketika mereka bergabung dalam persaudaraan dan juga ke rumah pilihan dan lokasi mereka dengan pelaburan bersama dengan peluang dalam hidup ini untuk mereka terkenal. MANFAAT YANG DIBERIKAN KEPADA AHLI BARU YANG BERGABUNG DENGAN CAHAYA. 1. Ganjaran wang tunai $ 550,000. 2. KERETA Impian Sleek baru bernilai USD $ 150,000 USD 3. Rumah impian yang dibeli di negara pilihan anda. Sebulan berunding dengan 5 yang terbaik di dunia. Pemimpin dan 5 selebriti terpenting di dunia. Sekiranya anda berminat, sila hubungi alamat e-mel sebelumnya = [email protected] atau wahtsapp kami +15184145254 https://www.gaia.com/article/what-is-the-illuminati

  • illuminati headquarter.3 years ago

    SALAM DARI GRAND MASTER! SEBAGAI ANDA MENJADI AHLI ILLUMINATI BESAR, KAMI SELAMAT MENYAMBUT ANDA. Jadilah sebahagian daripada sesuatu yang menguntungkan dan istimewa (SELAMAT DATANG KE DUNIA ILMU) Adakah anda seorang POLITIK, JURUTERA, DOKTOR, HIBURAN, MOD EL, GRADUATE / MAHASISWA, ATAU ANDA MEMILIKI UNTUK MEMPERINGKATKAN PERNIAGAAN ANDA UNTUK MENJADI MINDA BESAR. Juga relevan untuk mengetahui bahawa untuk menjadi ahli, dan memperoleh jumlah $ 100,000,000, sebagai gaji keahlian Illuminati bulanan. "PELUANG" Organisasi Illuminati yang hebat menjadikan anda kaya dan beberapa EMAS terkenal di dunia, ia akan mengangkat anda dari akar rumput dan membawa anda ke tahap yang lebih tinggi jika anda sudah lama bercita-cita untuk menjadi dan bersama-sama kita akan memerintah dunia dengan kekuatan Illuminati yang hebat dan hebat, umur panjang dan kemakmuran di bumi ini dengan kehidupan dan kegembiraan yang kekal. hubungi kami dengan mel rasmi: [email protected] atau wahtsapp kami +34632600778.

  • GEORGE MASON2 years ago

    PENGUMUMAN KEPADA DUNIA CATATAN: ILLUMINATI TIDAK BERKOMUNIKASI MELALUI WHATSAPP, TIDAK ADA PENGORBANAN MANUSIA YANG TERLIBAT DAN ILLUMINATI JUGA TIDAK MEMINTA BIAYA PENDAFTARAN [email protected] Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis, politisi, musisi, apakah Anda ingin menjadi kaya, terkenal, berkuasa dalam hidup, bergabung dengan Illuminati Brotherhood Anda harus menjadi pria terhormat dan dikenal dihormati di masyarakat. Dan hidup Anda akan berubah menjadi yang terbaik dalam hidup, Sebagai anggota baru Anda akan dihargai dengan sejumlah besar uang untuk memulai gaya hidup baru dan cahaya kebesaran akan melindungi Anda sepanjang hidup Anda. Anda harus berusia minimal 20 tahun ke atas sebelum dapat menghubungi agen kuil untuk memandu Anda ke kuil [email protected]

  • Arab Money2 years ago

    mesej rasmi Illuminati Brotherhood kepada dunia. Adakah anda seorang ahli perniagaan atau wanita, artis, ahli politik, paderi, pelajar, pemuzik untuk menjadi kaya, terkenal, berkuasa dan dalam apa jua keadaan anda, sertai kultus persaudaraan Illuminati hari ini dan menjadi kaya dengan serta-merta anda menjadi ahli, dan sejumlah besar wang dan rumah percuma di mana-mana tempat pilihan anda di dunia yang anda mahu tinggal, dan juga memperoleh $ 10 juta untuk memulakan perniagaan. FAEDAH UNTUK AHLI BARU MENYERTAI ILLUMINATI. 1. Hadiah wang tunai $ 100,000,000 2. Kereta idaman bergaya baharu bernilai $500,000.00 3. Rumah idaman yang dibeli di negara pilihan anda 4. Layanan VIP di semua lapangan terbang di dunia Jika anda berminat, hubungi wakil sekarang atau hubungi beliau di WhatsApp. +1 (757) 354-3107 + Anda mesti berumur sekurang-kurangnya 25 tahun untuk menghubungi rakan kongsi kami Jika anda seorang pelajar, E-mel: [email protected],

  • Recardo Alex2 years ago

    mesej rasmi Illuminati Brotherhood kepada dunia. Jika anda seorang ahli perniagaan atau wanita, artis, ahli politik, paderi, pelajar, pemuzik untuk menjadi kaya, terkenal, berkuasa dan dalam apa jua keadaan yang anda temui, sertai kultus persaudaraan Illuminati hari ini dan menjadi kaya sebaik sahaja anda menjadi ahli dan sejumlah besar wang dan rumah percuma di mana-mana tempat di dunia yang anda pilih untuk diami, malah memperoleh $10 juta untuk memulakan perniagaan. FAEDAH UNTUK AHLI BARU MENYERTAI ILLUMINATI. 1. Hadiah wang tunai $ 100,000,000 2. Kereta idaman baharu yang anggun bernilai $500,000.00 3. Rumah idaman yang dibeli di negara pilihan anda 4. Perkhidmatan VIP di semua lapangan terbang di dunia. Jika berminat, hubungi wakil sekarang atau hubungi beliau di WhatsApp. +1 (757) 354-3107 + Anda mesti berumur sekurang-kurangnya 25 tahun untuk menghubungi rakan kongsi kami jika anda seorang pelajarE-mel: [email protected]

  • Illuminati Worldwide Headquarter.2 years ago

    SALAM IBU PEJABAT ILUMINATI SELURUH DUNIA alamat e-mel = [email protected] atau kami wahtsapp +12345298163 Selamat datang ke perintah agung pencerahan amerika serikat dan kepada seluruh dunia, ini adalah peluang terbuka untuk menyertai komuniti daripada orang yang tercerahkan, di mana anda boleh menangkap semula impian anda yang hilang, dan juga di mana anda boleh mendapatkan semula cahaya melihat kekayaan dan kebahagiaan tanpa ada pengorbanan darah. FAEDAH DIBERIKAN KEPADA AHLI BARU MENYALA LAMPU. 1. Ganjaran wang tunai sebanyak $550,000. 2. KERETA Impian Anggun baharu bernilai USD$150,000 USD 3. Membeli rumah idaman di negara pilihan anda. Perundingan selama sebulan dengan 5 terbaik di dunia. Pemimpin dan 5 selebriti paling penting di dunia. Jika anda adalah berminat sila hubungi alamat emel sebelum ini [email protected] atau wahtsapp kami +12345298163 https://www.gaia.com/article/what-is-the-illuminati

  • AGENT 6665 months ago

    ????666༺???????????????????????? ???????????? ????????????????????༻666???? TESTIMONY HOW I JOINED ILLUMINATI 666 TEMPLE NOTE: ILLUMINATI MEMBERS DO NOT DISCLOSE THEIR IDENTITY ON SOCIAL MEDIA ALSO THERE IS NO HUMAN SACRIFICE INVOLVE [email protected] At first, I thought it was a scam because these days it's hard to find genuine people on the internet until I decided to give it a try, And my whole life changed in just 6 days BENEFITS FOR NEW MEMBERS *. A house in any country of your choice. *. A new dream car. *. The sum of 6 million dollars to start a new life 6,000,000$ You must be at least 18 years old before you can contact our partners Email: [email protected]

  • AGENT 6665 months ago

    ????666༺???????????????????????? ???????????? ????????????????????༻666???? TESTIMONY HOW I JOINED ILLUMINATI 666 TEMPLE NOTE: ILLUMINATI MEMBERS DO NOT DISCLOSE THEIR IDENTITY ON SOCIAL MEDIA ALSO THERE IS NO HUMAN SACRIFICE INVOLVE [email protected] At first, I thought it was a scam because these days it's hard to find genuine people on the internet until I decided to give it a try, And my whole life changed in just 6 days BENEFITS FOR NEW MEMBERS *. A house in any country of your choice. *. A new dream car. *. The sum of 6 million dollars to start a new life 6,000,000$ You must be at least 18 years old before you can contact our partners Email: [email protected]

  • AGENT LAURENT 3 months ago

    BEWARE OF SCAMMERS ON THE INTERNET  TOARK AGENT  WILL NEVER ASK FOR REGISTRATION FEE   Do you still want to live the life of working 9 to 5? TOARK has taken the initiative to announce this golden crypto investment opportunity to everyone, in which you can earn passive income daily from the comfort of your home anywhere in the world. toark is a government-licensed company and it gives you room for guarantee knowing that your investment is backed up by the world insurance policy Toark is recruiting investment partners from all over the world!  New users get 10% of the first deposit Here is the promotional link to access the TOARK investment site https://toark.com/#/register?inviteCode=vyo1j9 For more information on how to invest or know more about the TOARK crypto trading Investment Plan  contact Email: [email protected] WhatsApp: +44 7529 653150

  • GRICELDA FLORENTINO13 days ago

    Penawaran Kredit Apakah Anda sangat membutuhkan pinjaman? Apakah kami memberikan pinjaman pribadi? pinjaman bisnis? pinjaman rumah? pinjaman pertanian? pinjaman pendidikan? Pinjaman Konsolidasi Debit? pinjaman truk? pinjaman mobil? pinjaman hotel? membiayai kembali pinjaman? dan lebih banyak hutang? pinjaman awal? .Kami menawarkan dengan tingkat bunga 2%! Hubungi kami melalui: ([email protected] )

  • GRICELDA FLORENTINO13 days ago

    Penawaran Kredit Apakah Anda sangat membutuhkan pinjaman? Apakah kami memberikan pinjaman pribadi? pinjaman bisnis? pinjaman rumah? pinjaman pertanian? pinjaman pendidikan? Pinjaman Konsolidasi Debit? pinjaman truk? pinjaman mobil? pinjaman hotel? membiayai kembali pinjaman? dan lebih banyak hutang? pinjaman awal? .Kami menawarkan dengan tingkat bunga 2%! Hubungi kami melalui: ([email protected] )