HEADLINE

Jalan Amblas Ribuan Warga di desa Pangadegan Cilacap Terisolir

"Pembuatan jalan darurat akan dilanjutkan Kamis besok dengan mendatangkan alat berat."

Muhamad Ridlo Susanto

Jalan Amblas  Ribuan Warga di desa Pangadegan Cilacap Terisolir
Ilustrasi (Sumber: BNPB)

KBR, Cilacap – Ribuan warga Desa Pangadegan Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah terisolir. Penyebabnya   jalan penghubung   amblas sepanjang 20 meter akibat hujan deras.

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap barat, Edi Sapto Priyono mengatakan seluruh badan jalan selebar 4 meter amblas sedalam 10 meter ke sungai yang terletak persis di bahu jalan. Akibatnya, jalur yang menghubungkan Desa Pangadegan dengan Desa Sepatnunggal dan Kota Kecamatan ini putus total.

Selain memutus jalan, jaringan irigasi menuju persawahan juga turut terbawa longsor.  Edi mengklaim  langsung berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk menguruk badan jalan yang amblas agar bisa dilewati kendaraan roda dua.

Hingga siang ini, jalan masih ditutup total lantaran terlalu berbahaya. Direncanakan, pembuatan jalan darurat   akan dilanjutkan Kamis besok dengan mendatangkan alat berat.

"Karena hujan deras di Wilayah Pangadegan. Itu menyebabkan terputusnya akses jalan yang menghubungkan Desa Pangadegan menuju Desa Sepatnunggal. Jalan sepanjang 20 meter dan lebar 4 meter itu memang amblas terbawa longsor," jelas Kepala UPT BPBD Cilacap barat, Edi Sapto Priyono kepada KBR, Rabu (25/11).

Edi melanjutkan, "makanya tadi dibuat jalur alternatif untuk sementara agar kendaraan roda dua bisa melintas. Sedangkan mobil belum bisa lewat. Sementara ini baru sepeda motor roda dua yang bisa melintas."
 

Kepala UPT BPBD Cilacap barat, Edi Sapto Priyono menambahkan, kendati warga dibantu TNI sudah membuat jalur sementara, namun kendaraan roda empat tetap belum bisa melintas dalam waktu dekat. Sebab, pengurukan yang dilakukan warga diperkirakan hanya untuk dilintasi kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat menunggu perbaikan total.
 

Kata Edi, BPBD Cilacap akan mengajukan pembangunan turap (pondasi jalan) agar jalur ini aman. Diharapkan, pembangunan turap dan perbaikan jalan total akan dimulai pada Desember 2015 menggunakan dana Bencana Alam.


Editor: Rony Sitanggang

  • Kepala UPT BPBD Cilacap barat
  • Edi Sapto Priyono
  • jalan amblas
  • Ribuan warga Desa Pangadegan Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap
  • Jawa Tengah terisolir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!