HEADLINE

Empat Orangutan Siap Dilepasliarkan di Hutan Muara Wahau, Kutai Timur

"Keempatnya rata-rata sudah direhabilitasi selama 10 tahun."

Empat Orangutan Siap Dilepasliarkan di Hutan Muara Wahau, Kutai Timur
Ilustrasi (Sumber: BOSF)

KBR, Balikpapan – Sebanyak empat orangutan besok rencananya besok (1/12) akan dilepasliarkan. Manager Program Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Samboja Kutai Kertanegara Kalimantan Timur Agus Irwanto mengatakan, empat individu itu akan akan dilepasliarkan di hutan Muara Wahau Kutai Timur tempat biasa satwa langka tersebut dilepasliarkan. 

Mereka dua betina dan dua jantan yakni, Bunga, Theresia, Jhony dan Hanum. Rata-rata mereka sudah berusia 10 tahun.

“Kondisinya sudah siap. Karena hampir kita rehabilitasi sudah 10 tahunan. Jadi itu sudah kami pilah-pilah individunya. Jadi yang empat individu itu sudah mumpuni kalau dilepasliarkan,” kata Agus Irwanto, Senin (30/11).



Agus Irwanto menambahkan, sejak tahun 2012 lalu sudah 31 individu orangutan yang dilepasliarkan di Muara Wahau Kutai Timur. Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation menargetkan setiap tahun setidaknya empat kali individu orangutan dilepasliarkan.

Editor: Rony Sitanggang 

  • Borneo Orangutan Survival
  • Dilepasliarkan
  • Manager Program Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Samboja Kutai Kertanegara Kalima
  • Bunga
  • Jhony dan Hanum
  • Theresia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!