BERITA

NTT Bangun Instalasi Pembibitan Kerbau

"Populasi ternak kerbau di Pulau Sumba saat ini menurun karena induk betina produksi kerap disembelih untuk upacara adat. "

Silver Sega

NTT Bangun Instalasi Pembibitan Kerbau
Ilustrasi kerbau Sumbawa. (Foto sumber situs: bibit.ditjennak.pertanian.go.id)

KBR, Kupang - Dinas Peternakan provinsi Nusa Tenggara Timur tahun ini membangun instalasi pembibitan ternak kerbau. 

Kepala Unit pelaksana Teknis Dinas Peternakan NTT Umbu Hera mengatakan, unit instalasi pembibitan ini akan dibangun di Desa Lete Konda, Kecamatan Laura Kabupaten Sumba Barat Daya.

"Untuk tahun pertama akan diadakan 40 ekor betina dan lima ekor jantan sebagai tahap awal dan akan ada tambahan populasi untuk pemeliharaan dan pelestarian ternak kerbau di NTT," kata Umbu Hera di Kupang Kamis (03/09).

Kepala UPT Pembibitan Ternak Dinas Peternakan NTT Umbu Hera menambahkan populasi ternak kerbau di Pulau Sumba saat ini menurun karena induk betina produksi kerap disembelih untuk upacara adat. 

Pembangunan instalasi pembibitan ternak kerbau itu diharapkan bisa mempertahankan populasi ternak kerbau sekaligus mendukung tekad pemerintah menjadikan NTT sebagai provinsi ternak. 

Editor: Agus Luqman 

  • kerbau
  • peternakan
  • NTT
  • Nusa Tenggara Timur
  • pembibitan kerbau

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!