BERITA

Manfaatkan Sungai Citanduy, Cilacap Bangun Dermaga Angkutan Air Rute Lokal

"Dermaga ini untuk memaksimalkan potensi transportasi air yang menjangkau lebih dari setengah wilayah kabupaten pesisir selatan Jawa Tengah ini. "

Muhamad Ridlo Susanto

Manfaatkan Sungai Citanduy, Cilacap Bangun Dermaga Angkutan Air Rute Lokal
Ilustrasi. Transportasi air di Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: M Ridlo/KBR)

KBR, Cilacap – Pemerintah Kota Cilacap membangun dermaga transportasi air yang melayani rute lokal, di Rawa Apu. Dermaga ini memanfaatkan potensi aliran Sungai Citanduy.

Dermaga ini untuk memaksimalkan potensi transportasi air yang menjangkau lebih dari setengah wilayah kabupaten pesisir selatan Jawa Tengah ini. 

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan dermaga tersebut akan melayani rute lokal, yang menghubungkan Kota Cilacap ke sejumlah kecamatan di wilayah barat kabupaten. 

Rute yang bisa dituju antara lain ke Kecamatan Kampunglaut, Kawunganten, Gandrungmangu, Sidareja, Bantarsari dan Kecamatan Patimuan. 

Selain memanfaatkan Sungai Citanduy, tiga anak sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citanduy juga menjadi jalur utama, yakni Sungai Cibeureum, Cihaur dan Kawasan Perairan Donan.

Dermaga itu dibangun dengan pembiayan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian Perhubungan dan APBD Kabupaten Cilacap dengan total anggaran Rp8 miliar. 

Rencananya, pembangunan selesai dalam waktu satu tahun dan akan beroperasi 2016 mendatang.

"Dermaga lokal Rawa Apu itu sudah dimulai pembangunannya. Bukan akan lagi. Sudah harus dimulai. Dananya dari negara, dari APBD juga ada," kata Tatto Suwarto. 

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengklaim dermaga lokal ini bakal meningkatkan laju perekonomian di sejumlah wilayah aliran sungai yang memiliki akses terbatas pada transportasi darat. 

Dermaga juga akan berfungsi sebagai dermaga wisata yang akan melayani wisata air (boating) ke kawasan segara anakan dan hutan mangrove.

Editor: Agus Luqman 

  • Cilacap
  • transportasi air
  • Sungai Citanduy
  • Jawa Tengah
  • dermaga
  • angkutan sungai

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!