BERITA

Kabut Asap, Bandara Malikussaleh Aceh Ditutup

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib. Foto : KBR/Erwin Jalaluddin

KBR,Lhokseumawe– Aktivitas penerbangan di Bandara Malikussaleh Kabupaten Aceh Utara ditutup akibat kabut asap. Bandara tersebut diselimuti kabut asap. Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib  membenarkan, jalur penerbangan melalui Malikussaleh lumpuh total. Kata dia, pihaknya belum dapat memastikan kapan operasional bandara  kembali normal karena jarak pandang saat ini dibawah 500 meter.

”Kalau cuacanya begini bisa mebawa petaka, karena itu pesawat terbang otomatis gak bisa turun. Tergantung merekalah (maskapai) kalau memang hasil dicek cuacanya gak bisa turun tentu pasti gak bisa turun. Ini merupakan savety dari Garuda dan Wing Air. Dan, untuk penumpang yang gagal berangkat terpaksa beralih ke darat,” kata Thaib menjawab portalkbr, Jumat (4/9/2015).

Berdasarkan pantauan di lokasi kabut asap yang menyelimuti Bandara Malikussaleh terus bertambah parah. Para penumpang terpaksa dialihkan melalui jalur darat.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Utara, F Badli mengatakan, gangguan kabut asat semakin meluas. Bahkan, sudah 4 hari lamanya terhenti operasional penerbangan disana.

”Kita gak mungkin buka bandara kalau cuacanya begini (kabut-red), karena bisa berbahaya terhadap keselamatan penerbangan. Dan, Kami terus memonitor dilapangan untuk mengetahui perkembangan terbarunya,” ujarnya.

Kabut asap yang menyelimuti bandara Malikussaleh berasal dari kebakaran hutan di sejumlah wilayah di Sumatera seperti Riau dan Palembang. 

Editor: Malika

  • Bandara Malikussaleh
  • Muhammad Thaib
  • Aktivitas penerbangan
  • kabut asap
  • Aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!