BERITA

Temukan 6 Kasus HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Nunukan Kesulitan Lakukan Test

Pengelola program HIV/AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Edman/Foto Adima.

KBR, Nunukan – Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara menemukan 6 kasus HIV/AIDS hasil dari pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Kabupaten Nunukan hingga September 2015.

Pengelola program HIV/AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Edman  mengatakan, angka tersebut kemungkinan bisa bertambah mengingat Dinas Kesehatan  Kabupaten Nunukan belum bisa melakukan test  HIV/AIDS. Pasalnya  minimnya peralatan yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Nunukan.

Kata dia, data dari 6 kasus HIV/AIDS tersebut sebagian besar ditularkan melalui hubungan seksual.

“Tahun ini jumlahnya enam, itu empat laki laki dua perempuan. Terdeteksinya di rumah sakit ketika sudah ada keluhan. Ada yang stadiumnya masih HIV, ada yang sudah ada gejala penyakitnya , ada juga yang masih dalam tahap HIV positif," ujar Edman Jum’at (04/09/2015).

Edman menambahkan pihaknya rutin memasok kondom di outlet yang terletak  lokalisasi prostotusi untuk melakukan pencegahan penularan HIV/AIDS.

Hingga  Tahun 2014 Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan mencatat 20 kasus  orang dengan HIV/AIDS dengan 5 orang diantaranya  meningal dunia.


Editor : Sasmito Madrim 

  • nunukan
  • HIV/AIDS
  • Bagi-bagi Kondom

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!