BERITA

Pemprov NTT Klaim Program DeMaM Turunkan Jumlah Warga Miskin

"Juru bicara Gubernur NTT Lambert Ibi Riti menambahkan, hingga tahun ini sudah 2 ribu lebih desa di NTT melaksanakan program desa mandiri. "

Ilustrasi.
Ilustrasi.

KBR, NTT-  Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) mengklaim program Desa Mandiri Anggur Merah ( DeMaM) mampu menurunkan jumlah orang miskin di daerah itu. Juru bicara gubernur NTT Lambert Ibi Riti mengatakan, sejak pemerintah NTT melaksanakan program DeMam, jumlah orang miskin terus berkurang. 

"Tahun 2009 angka kemiskinan kita ada di 27 persen. Kemudian  turun menjadi 23 persen pada tahun 2012 dan tahun 2014 turun menjadi 19,60 persen. Artinya bahwa program ini menyentuh langsung masyarakat di desa. Intervensi program ini menghasilkan penurunan angka kemiskinan, dari 23 persen tahun 2011, menjadi 19,60 pada tahun 2014," kata Lambert Ibu Riti di Kupang, Senin (31/08).

Juru bicara Gubernur NTT Lambert Ibi Riti menambahkan, hingga tahun ini sudah 2 ribu lebih desa di NTT melaksanakan program desa mandiri. Program Desa Mandiri diluncurkan pemerintah NTT tahun 2011 lalu. Setiap desa yang melaksanakan program DeMaM mendapat dana hibah 250 juta. Dana itu dipakai warga untuk membangun usaha atau melaksanakan kegiatan ekonomi produktif yang dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Jumlah penduduk NTT saat ini sebanyak 5 juta orang lebih. 

Editor: Malika

  • program Demam NTT
  • NTT
  • program desa mandiri Anggur Merah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!