BERITA

Kompensasi Masih Berjalan, Waduk Jatigede Tetap Diari Hari Ini

Kompensasi Masih Berjalan, Waduk Jatigede Tetap Diari Hari Ini

KBR, Jakarta - Pengairan waduk Jatigede akan tetap dilaksanakan hari ini. Menurut Dirjen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Mudjiadi, pengairan Jatigede akan dilakukan bertahap selama 219 hari.

Mudjiadi juga menjamin kompensasi warga akan dipenuhi sebelum pengairan waduk rampung.

"Bisakah diseleseikan sebelum digenangi? semua kan ada proses, pengenangan itu mash ada waktu hingga tujuh bulan, 291. Jadi sambil kita proses sambil jalan terus. Toh ada waktu hingga 7 bulan."


Hari ini, pemerintah berencana mengairi Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat. Pada Sabtu pekan lalu, pemerintah mengklaim, proses realisasi pembayaran ganti rugi mencapai 80%. Sekitar 8.300 dari total 10.920 kepala keluarga sudah beres pembayaran ganti rugi dan kompensasinya. Pembayaran sisanya masih terus berlanjut.

Sementara malam tadi, pemerintah mengklaim sudah mencapai 90 persen. Namun, menurut Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Barat, Dadan Ramdan, masih ada ribuan warga yang bertahan dan belum mau pindah. Beberapa warga di lima desa masih banyak yang bertahan. Ada di Desa Cipaku, Paku Alam, Sukakersa. Cibogo, dan Leuwih Hideung.


Editor : Sasmito Madrim

  • waduk jatigede
  • ganti rugi lahan
  • kementerian pekerjaan umum

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!