BERITA

2015-08-29T19:24:00.000Z

Hama Potong Leher Merusak Puluhan Hektar Tanaman Padi di Banyuwangi

"Puluhan hektar tanaman padi milik petani di Kecamatan Srono Banyuwangi Jawa Timur, terserang hama potong leher atau penggerek padi. "

Hama Potong Leher. Foto: Antara
Hama Potong Leher. Foto: Antara

KBR, Banyuwangi - Puluhan hektare tanaman padi milik petani di Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jawa Timur, diserang hama potong leher atau penggerek padi. Salah satu petani, Wahid mengatakan, hama potong leher baru diketahui saat tanaman padi sudah keluar malai atau bunga padi. Kata dia, kondisi batang padi yang terinfeksi hama itu berwarna kusam kecokelatan dengan bunga padi yang tidak berisi.


“Ada puluhan jadi merata ini, namanya potong leher penyakitnya. Itu terdeteksi saat padi itu mulai berisi, sebelum berisi pada saat padi berbunga itu sehat semuanya. Kalau sudah berisi pada ruas itu antara kemudian dari pohon ke bulir padi itu mati. Jadi kemudian isi itu tidak masuk ke padi akhirnya padinya kopong,” kata Wahid, Jum'at (28/8).


Wahid menambahkan, padi varietas unggulan pun tidak luput dari serangan hama ini. Hama menyebar lantaran faktor lingkungan yang tidak dapat dikontrol petani. Ia berharap, Pemerintah Banyuwangi turun tangan membantu petani mengatasi serangan hama potong leher tersebut.

Sebab jika tidak segera diatasi, hasil panen diperkirakan bisa turun hingga 80 persen atau bahkan bisa gagal panen (puso). Hama potong leher atau neck blast ini disebabkan oleh jamur Pyricularia Grisea .


Editor: Sindu D 

  • hama potong leher
  • penggerek padi
  • hama padi
  • Banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!