BERITA

Suplai Air Berhenti, Petani Aceh Utara Demo Kantor Bupati

Asisten I Sekdakab Aceh Utara, Anwar Adlin, sedang terlibat dialog dengan pendemo asal Desa Krueng S

KBR, Lhokseumawe – Ratusan petani Desa Krueng Seupeng, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, melakukan aksi demontrasi di Kantor Bupati, Rabu (7/7/2015). Ini menyusul terhentinya suplai air irigasi akibat sengketa tapal batas di perbatasan antara Krueng Seupeng dengan Desa Keureusek.

Perwakilan Warga Krueng Seupeng, Abdullah mengatakan, penutupan saluran irigasi  mengakibatkan petani Krueng Seupeng tak bisa beraktivitas di sawah.

”Kasus sengketa tapal batas sudah berlangsung selama 5 tahun. Gara-gara perbatasan antara dua desa ikut menyumbat atau menutup irigasi pakai tanah berpasir. Artinya, gagal turun ke sawah pada musim tanam kali ini,” keluh Abdullah, Selasa (7/7/2015).

Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Aceh Utara, Amir Hamzah menegaskan, pihaknya berjanji akan berupaya menyelesaikan sengketa tersebut.  

”Persoalan tapal batas ini bukan persoalan ringan. Itu jelas-jelas membutuhkan waktu, yang mana harus dilakukan sesuai aturan dan ketentuan,” jelas Amir.

Editor: Malika

  • sengketa tapal batas
  • tani Desa Krueng Seupeng
  • saluran irigasi
  • tapal batas desa Keureusek

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!