BERITA

KM Sega Tenggelam di Muara Selangot Kaltim

KM Sega Tenggelam di Muara Selangot Kaltim

KBR, Balikpapan – Kapal penumpang KM Sega yang memuat rombongan pengantin tenggelam di perairan Muara Selangot Kabupaten Paser Kalimantan Timur atau 113 kilometer Selatan Kota Balikpapan pada Kamis (05/05) sekitar pukul 17.00 Wita.

Kepala Seksi Operasional Basarnas Kantor SAR, Balikpapan Mujiono menduga kapal tersebut tenggelam karena kelebihan penumpang. Kapasitas kapal motor tersebut hanya 20, sedangkan saat itu ditumpangi sekitar 40 orang. “Dari data yang kami terima POB (Passengger On Board) ada yang menyatakan itu kurang lebih 40 penumpang," ujarnya.

Kapal naas ini bertolok dari Kampung Selangot menuju Kampung Tanjung Harapan. Namun setelah melaju sekitar 12,5 kilometer dari bibir pantai Selangot, kapal tersebut miring, kemudian tenggelam.

Menurut Mujiono, sekitar 33 orang ditemukan selamat. Sebanyak 16 penumpang berada di Kampung Selangot dan 17 penumpang lain di Kampung Tanjung Harapan. Mereka selamat setelah ditolong kapal penumpang yang melintas. Sedangkan seorang perempuan dinyatakan tewas. "Kira-kira itu masih ada tiga yang masih tersisa di dalam (hilang),” kata Mujiono.

Basarnas Balikpapan telah mengerahkan 12 tim rescue termasuk penyelam, Polairud, BPBD, maupun masyarakat setempat untuk mencari penumpang yang hingga saat ini masih hilang.

Editor: Damar Fery Ardiyan 

  • kapal tenggelam

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!