BERITA

Delapan Kukang Sumatera Dilepasliarkan

"Kukang itu adalah hasil sitaan perdagangan ilegal satwa liar."

Eni Muslihah

Delapan Kukang Sumatera Dilepasliarkan
Dokter Tim Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Bogor memeriksa kondisi Kukang Sumatera sebelum dilepasliarkan di Hutan Lindung Batutegi Tanggamus, Lampung, Senin (2/5). Foto: Antara

KBR, Lampung- Delapan ekor Kukang asal Sumatera dihabituasi sebelum dilepasliarkan di Kawasan Batutegi Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Direktur Program Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (Yari), Karmele Liano Sanchez mengatakan, delapan kukang tersebut sebelumnya telah menjalankan rehabilitasi selama tiga tahun di Pusat Rescue Yari di Gunung Salak Curug Nangka Kabupaten Bogor. Kukang itu adalah hasil sitaan perdagangan ilegal satwa liar.

"Tahun 2013 ada penangkapan 238 ekor dalam sekali penangkapan, itu semua dari Sumatera yang ditangkap di Merak yang nantinya akan dipasarkan ke pulau jawa," jelas Karmele Liano Sanchez.


Lebih lanjut ia mengatakan, dari kukang hasil sitaan 2013 lalu secara berangsur sudah dikembalikan ke alam. Kukang yang sudah kembali kondisi kesehatannya sudah baik dan tidak berpenyakit. Menurutnya, pengembalian memang membutuhkan waktu lama karena kukang telah mengalami stres berat.

Editor: Sasmito Madrim

  • Kukang
  • sumatera
  • Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!