BERITA

Bantuan Perbaiki Irigasi Bondowoso, Rp1 Juta Per Hektar Lahan

Bantuan Perbaiki Irigasi Bondowoso, Rp1 Juta Per Hektar Lahan

KBR, Bondowoso – Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso Jawa Timur menargetkan bisa memperbaiki saluran irigasi di 2.000 hektar lahan sawah tahun ini.

Kepala Bidang Usaha Tani, Dinas Pertanian Bondowoso, Winarto mengatakan perbaikan dilakukan untuk mendukung peningkatan produktivitas lahan, agar target swasembada pangan bisa tercapai.


Menurut Winarto, pengembangan jaringan irigasi ini akan dikerjakan langsung oleh Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA).


"Irigasi ini bagian dari rehabilitasi. Sebanyak 2.000 hektar lahan akan diperbaiki irigasinya dan dikelola oleh 35 kelompok HIPPA," kata Winarto, Senin (2/5/2016).


Total anggaran yang disediakan pemerintah daerah Bondowoso untuk bantuan perbaikan irigasi mencapai sekitar Rp3,2 miliar.


Setiap kelompok akan mendapatkan bantuan anggaran hingga Rp90 juta untuk pengembangan jaringan irigasi.


Targetnya, setiap Rp1 juta yang diberikan kepada kelompok tani dan HIPPA, bisa mengembangkan jaringan irigasi untuk satu hektare lahan.


Perbaikan irigasi juga diharapkan mampu memperbaiki managemen pengelolaan air di Bondowoso.


Menurut Winarto, hingga kini masih ada potensi lahan kekurangan air di Bondowoso yang disebabkan adanya kebocoran saluran irigasi. Dinas Pertanian menargetkan bisa meminimalkan kebocoran tersebut pembenahan irigasi berkelanjutan.


Editor: Agus Luqman

  • Bondowoso
  • Jawa Timur
  • irigasi
  • pertanian
  • petani
  • swasembada pangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!