NUSANTARA

KKP Diminta Periksa Tiga Pejabatnya

"Ketiganya bertanggungjawab mengeluarkan izin PT Pusaka Benjina Resources meski perusahaan itu bermasalah. "

KKP Diminta Periksa Tiga Pejabatnya
Kementerian Kelautan dan Perikanan

KBR, Jakarta - Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP memeriksa tiga pejabatnya.

Ketua Umum KNTI, Riza Damanik, mengatakan tiga pejabat itu adalah Direktur Pengembangan Usaha Penangkapan Ikan, Direktur Pelayanan Usaha Perikanan, dan Dirjen Perikanan Tangkap.

Ketiganya bertanggungjawab karena tetap mengeluarkan izin untuk PT Pusaka Benjina Resources meski perusahaan itu bermasalah.

"Kalau kita sepakat ingin menuntaskan kasus ini, ingin membersihkan praktik-praktik mafia di sektor perikanan kita, ingin mengakhiri risiko bisnis perikanan terhadap praktik perbudakan dan pencurian ikan itu, maka selain pengawasan perlu kita tertibkan, harus jaga juga hulunya," jelas Riza dalam konferensi pers di KontraS.

"Hulu itu apa? Setidaknya tiga pejabat tadi," tambahnya.

Ketua Umum KNTI, Riza Damanik, juga mendesak Kepolisian menelusuri kasus pembunuhan Yoseph Sairlelam yang jadi saksi kunci kasus Benjina. Riza menduga tewasnya Yoseph berkaitan erat dengan kasus Benjina karena Yoseph diduga menyimpan banyak informasi kunci.  


Editor: Rio Tuasikal 

  • perikanan
  • ikan
  • kelautan
  • benjina

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!