HEADLINE

Anggaran Perawatan Mobil Dinas Bondowoso Capai Rp 4 M

Anggaran Perawatan Mobil Dinas Bondowoso Capai Rp 4 M

KBR, Bondowoso – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menggelontorkan anggaran yang cukup besar untuk belanja dan perawatan kendaraan dinas. Dalam APBD Bondowoso 2015 disebutkan, anggaranuntuk pemeliharaan mobil dinas mencapai Rp 4 miliar lebih.

Anggota Komisi I DPRD Bondowoso, Rahmat Hidayat menyoroti besarnya anggaran untuk program ini. Menurutnya, anggaran tersebut terlalu besar jika hanya digunakan untuk pemeliharaan. Bahkan Rahmat Hidayat mengatakan ini termasuk pemborosan anggaran.

“Itu tidak efisien, kalau kami perhatikan anggaran itu sangat besar. Apalagi hanya untuk pemeliharaan kendaraan saja. Itu pemborosan sekali,” kata Rahmat Hidayat saat dihubungi KBR, Selasa (31/3/2015).

Dikatakan Hidayat, Komisi I DPRD akan mengevaluasi terkait besarnya anggaran yang dikelola oleh Bagian Umum Pemkab Bondowoso tersebut. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika Komisi I akan memanggil secara resmi Kepala Bagian Umum untuk menjelaskan tentang anggaran itu. 

Sebelumnya, Kepala Bagian Umum Pemkab Bondowoso, Munandar mengungkapkan nominal anggaran yang berbeda. Munandar mengatakan anggaran untuk pemeliharaan hanya sekitar Rp 400 juta.

“Untuk pemeliharaan mobil dinas tahun ini Rp. 430 juta. Yang dipelihara semua mobil dinas yang ada di sekretariat Pemkab. Sementara untuk kendaraan dinas yang ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menjadi tanggung jawab dinas itu sendiri,” kata Munandar.

Keterangan tersebut berbeda jauh dengan yang tercantum dalam APBD Bondowoso tahun 2015 yang menyebutkan angka sebesar Rp. 4.061.538.200 untuk belanja dan perawatan kendaraan bermotor. 

Anggaran sebesar 4 miliar tersebut digunakan untuk jasa service Rp 570 juta, penggantian suku cadang Rp 2,3 miliar, belanja bahan bakar minyak (BBM) Rp 596 juta, KIR Rp 45 juta, pajak dan STNK Rp 403 juta dan cat kendaraan bermotor senilai Rp 95 juta. 

Editor: Antonius Eko  

  • anggaran mobil dinas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!