HEADLINE

Promosikan Durian Merah, Pemkab Banyuwangi Siapkan Ribuan Bibit Balqis

""Tahun ini ditargetkan tersedia 5.000 benih varietas durian merah Balqis.""

Promosikan Durian Merah, Pemkab Banyuwangi Siapkan Ribuan Bibit  Balqis
Durian merah Balqis dari Banyuwangi, Jawa Timur (Sumber: FB M. Reza Tirtawinata)

KBR, Banyuwangi- Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, tahun ini memperbanyak benih durian merah varietas Balqis dari pohon induk yang ada dan telah terdaftar di Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB). Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Banyuwangi Ikrori Hudanto mengatakan, Tahun ini ditargetkan tersedia 5.000 benih varietas durian merah Balqis. Bibit akan dibagikan gratis ke masyarakat.

Kata Ikrori,  pengembangan komoditas hortikultura terus dilakukan, termasuk untuk jenis durian merah. Terlebih lagi, Dua varietas durian merah, yaitu Balqis dan Sunrise of Java (SOJ), secara resmi telah diberi tanda daftar milik Banyuwangi oleh Kementerian Pertanian.

Saat ini, Lanjut Ikrori, di Banyuwangi telah ditetapkan lima wilayah sentra pengembangan durian merah, yaitu di Kecamatan Kalipuro, Licin, Glagah, Giri, dan Songgon. Lima kecamatan itu dipilih sesuai asal pohon induk. Daerah-daerah itu memiliki topografi yang sesuai untuk pengembangan komoditas durian merah.

“Jelas karena kita kan sudah tau mana-mana  kecamatan yang bisa dikembangkan durian taunya itu dari kenyataan yang ada saja, itu tumbuh durian begitu subur dan baik. Kecamatan yang mungkin tumbuh tapi belum tentu baik, seperti Kecamatan Rogojampi kan tidak ada durian, Muncar gitu kan tidak ada durian. Kalau di Songgon karena sudah ada durian yang baik, nanti kalau kita bantu bibit kan akan berkembang lebih baik dibandingkan kecamatan yang lain yang sudah ada durianya,” kata Ikrori Hudanto (19/2/2016).

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Banyuwangi Ikrori Hudanto menambahkan, di Banyuwangi terdapat beragam varian durian merah yang dikelompokkan menjadi tiga bagian berdasarkan warna daging buahnya. Pertama, durian merah blocking yang seluruh dagingnya berwarna merah. Kedua, durian merah pelangi yang dagingnya berwarna merah dan kuning. Ketiga, durian grafika yang dagingnya berwarna kuning, putih dan merah. Ketiganya bisa dibedakan dari pohonnya di mana daunnya memiliki kekhasan masing-masing.

Saat ini, durian merah Banyuwangi menjadi buruan. Selain karena terkatrol oleh permintaan yang melonjak dari wisatawan yang berlibur ke Banyuwangi, durian merah kian terkenal karena mendapat promosi luas melalui media, baik media konvensional maupun media sosial.

Sejumlah peneliti dari luar negeri juga khusus datang ke Banyuwangi untuk mencari bibit tanamannya. Pemkab Banyuwangi juga telah menanam dan membagikan ribuan bibit durian merah untuk dibudidayakan masyarakat. Karena buah khas Banyuwangi ini mempunyai  nilai ekonomis yang tinggi dibanding durian biasa. 

  • Kepala Dinas Pertanian
  • Perkebunan dan Kehutanan Banyuwangi Ikrori Hudanto
  • durian merah banyuwangi
  • durian unrise of Java
  • durian Balqis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!