HEADLINE

Indonesia Tagih Komitmen Negara Maju di Sidang Perubahan Iklim

Indonesia Tagih Komitmen Negara Maju di Sidang Perubahan Iklim

KBR, Jakarta - Indonesia bakal menagih komitmen negara-negara maju terhadap perubahan iklim. Hal itu menjadi agenda utama yang dibawa saat Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim di Paris, Perancis.

Utusan Khusus Presiden untuk Pengendalian Perubahan Iklim, Rachmat Witoelar mengatakan, tuntutan itu akan diajukan karena pemerintah menilai, negara-negara maju dan berkembang memiliki perbedaan tanggung jawab terhadap perubahan iklim. Padahal, perubahan iklim merupakan isu bersama.


"Kita memang memiliki tuntutan untuk dibawa ke COP21 ini. Kita akan mendorong agar negara maju untuk berkewajiban untuk mendukung strategi perjuangan perubahan iklim Indonesia. Negara-negara maju harus memulai kewajibannya terhadap climate change dan efeknya terhadap negara-negara berkembang, termasuk Indonesia," katanya saat dihubungi KBR, Minggu, 29 November 2015.


Rachmat Witoelar menambahkan, negara maju akan diminta untuk melakukan upaya lebih, semisal memberikan dukungan berupa keuangan, transfer teknologi dan peningkatan kapasitas di negara-negara berkembang.


COP atau Conference of Parties adalah pertemuan tahunan yang menjadi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim. Total 195 negara tergabung dalam konferensi ini. Ini adalah pertemuan ke-21 (COP21), sejak pertama pada 1995 di Berlin. Sebanyak 130 kepala negara akan menghadiri konferensi ini. Dalam konferensi ini, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara, seperti Belanda, Norwegia, Kenya, Etiopia, Afrika Selatan dan India. 

  • COP 21
  • Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim
  • Rachmat Witoelar
  • Perubahan Iklim

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!