BERITA

70 Tahun TNI, Perlu Penguatan Alutsista Udara dan Laut

"Modernisasi alat persenjataan itu untuk menghadapi tantang keamanan regional dan dunia."

Yudi Rachman

70 Tahun TNI, Perlu Penguatan Alutsista Udara dan Laut
Alutsista TNI. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Menjelang Hari Ulang Tahun ke-70 TNI diminta memperkuat dan memodernisasi alat sistem persenjataan atau alutsista sektor laut dan udara.

Modernisasi alat persenjataan itu untuk menghadapi tantang keamanan regional dan dunia.

Pengamat militer Anak Agung Banyu Perwita mengatakan penguatan alat sistem pertahanan di matra laut dan udara itu juga sejalan dengan program pemerintah yang menginginkan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Selain itu, ancaman keamanan dan pertahanan melalui udara dan laut menjadi perhatian negara yang memiliki banyak pulau.

"Kemampuan armada tempur udara dan khususnya TNI AL ketika kita bicara poros maritim dunia yang didengungkan oleh Presiden Jokowi. Dengan demikian konteks kekuatan TNI AU dan TNI AL harus bisa menjadi prioritas utama ke depan karena ini bicara kemampuan teknologi persenjataan yang memang sangat mahal yang harus dipikirkan di masa mendatang," jelas Pengamat Militer Anak Agung Banyu Perwita kepada KBR, Minggu (4/10/2015).


Pengamat militer Anak Agung Banyu Perwita menambahkan, selain melakukan modernisasi alusista di sektor laut dan udara TNI juga harus terus mereformasi diri.

Anak Agung mengatakan reformasi di tubuh TNI menjadi keharusan agar para prajurit lebih profesional.

Editor: Agus Luqman

  • HUT ke-70 TNI
  • alutsista TNI
  • Modernisasi sistem persenjataan
  • Pengamat militer

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!