HEADLINE

Prabowo Subianto: Demi Demokrasi, KMP Tetap Memainkan Fungsi Check & Balance

Prabowo Subianto: Demi Demokrasi, KMP Tetap Memainkan Fungsi Check & Balance

KBR, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghormati keputusan yang diambil Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendukung dan bergabung dengan pemerintah. 

Pernyataan itu disampaikan Prabowo usai mengadakan pertemuan tertutup dengan para petinggi Koalisi Merah Putih (KMP), di Jakarta, Kamis (3/9). Pertemuan itu digelar untuk menyikapi keputusan PAN yang sehari sebelumnya menemui Presiden Joko Widodo dan menyatakan bergabung dan mendukung pemerintah Jokowi-JK.

Pertemuan itu juga dihadiri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menjelaskan sikap PAN itu langsung kepada para petinggi partai-partai anggota KMP. Dalam pertemuan itu Zulkifli Hasan menegaskan tidak ada pernyataan PAN keluar dari KMP atau masuk Koalisi Indonesia Hebat (KIH). 

Menanggapi sikap PAN itu, Prabowo Subianto mengatakan, partainya tetap akan berada di luar pemerintahan. Baginya, partai-partai di KMP tetap akan menjalankan prinsip pengawasan dan sebagai penyeimbang kekuatan politik (check and balance), supaya demokrasi berjalan baik. 

"Kita menghormati keputusan kawan-kawan PAN. Kita juga tadi bicara, dan kita tegaskan sikap KMP. Bahwa kita merasa untuk menjalankan suatu demokrasi yang kuat butuh check and balance, butuh suatu imbangan demi kebaikan rakyat. Kekuatan yang bisa memberi koreksi-koreksi, saran-saran, masukan-masukan yang berarti dalam keadaan ekonomi negara yang sedang susah dan rakyat kita sedang dalam keadaan yang sangat memprihatinkan," kata Prabowo.

Sejumlah pengurus partai anggota KMP hadir dalam pertemuan tersebut. Diantaranya Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Bali Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Taufiq Ridho, Sekretaris Jenderal PAN Edy Soeparno serta Sekretaris Jenderal Koalisi Merah Putih Fahri Hamzah.

Dalam pertemuan itu, Zulkifli Hasan menegaskan, meski bergabung dengan pemerintah namun PAN tidak pernah menyatakan keluar dari KMP atau masuk ke KIH. 

Editor: Agus Luqman 

  • Prabowo Subianto
  • partai gerindra
  • partai golkar
  • PKS
  • PAN
  • partai amanat nasional
  • Koalisi Indonesia Hebat
  • Koalisi Merah-Putih

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!