BERITA

KY Harus Naikkan Martabat Hakim, Siapapun Orangnya

" Komisioner Komisi Yudisial (KY) yang baru diharapkan mampu menjalin hubungan baik dengan Mahkamah Agung (MA) guna angkat martabat hakim."

Aika Renata

Komisi Yudisial. Foto: Antara
Komisi Yudisial. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Komisioner Komisi Yudisial (KY) yang baru diharapkan mampu menjalin hubungan baik dengan Mahkamah Agung (MA). Tak hanya itu, pimpinan lembaga pengawas kinerja hakim itu juga dituntut bisa mengangkat harkat dan martabat para hakim.

Bekas Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Asep Iwan Iriawan mengatakan, para komisioner tersebut nantinya juga harus lebih waspada saat melontarkan pernyataan mereka di media. Namun, ia optimistis calon komisioner KY yang terpilih nantinya memiliki rekam jejak yang baik.

"Tugasnya (KY) adalah menjaga harkat dan martabat hakim jadi jangan dicari-cari kesalahannya, siapapun hakimnya. artinya reward and punishment harus berlaku. Komisioner KY harus menempatkan dirinya sebagai pejabat negara dari lembaga negara yang dijamin konstitusi," kata Asep Iwan Iriawan. 


Siang tadi, Presiden Joko Widodo menerima tujuh nama calon anggota Komisi Yudisial (KY) dari tim panitia seleksi. Presiden mengatakan hasil seleksi tersebut akan langsung disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat secepatnya.

Tujuh nama calon hakim KY yang lolos untuk masa jabatan 2015-2020 adalah Joko Sasmito, Maradaman Harahap, Farid Wajdi, Sumartoyo, Wiwiek Awiati, Harjono, dan Sukma Violetta. 

  • kinerja hakim
  • Asep Iwan Iriawan
  • nama calon anggota KY
  • Komisi Yudisial

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!