HEADLINE

Kompolnas: Pencopotan Buwas Titipan kelompok tertentu

Ilustrasi: Kabareskrim, Budi Waseso (Foto: KBR/Aisyah K.)

KBR, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menemukan indikasi titipan dari kelompok tertentu terkait rencana penggantian Budi Waseso sebagai Kabareskrim Polri. Namun Anggota Kompolnas Muhammad Nasser menolak untuk merinci, siapa pihak yang dimaksud itu. Ia mengatakan, mutasi jabatan di tubuh kepolisian merupakan hal wajar asalkan sesuai dengan mekanisme kepolisian.

"Rotasi, mutasi, promosi itu biasa. Untuk seorang anggota polri harus ikut dan tidak boleh ada perlawanan. Yang kita dorong adalah rotasi, mutasi dan promosi itu tidak boleh didasarkan atas order dari luar, itu tidak boleh. Itu menggangu independensi kepolisian," katanya, Kamis (3/9).

Sebelumnya, Kompolnas mendatangi Kantor Bareskrim Polri untuk mengevaluasi kasus-kasus yang saat ini tengah ditangani Korps Bhayangkara tersebut. Hasilnya, Kompolnas mengklaim, Bareskrim melakukan tindakan-tindakan yang sesuai dengan prosedur penegakan hukum.

Rencananya, hasil evaluasi akan dibahas bersama Menkopolhukam Luhut Pandjaitan siang ini. Namun saat ditanya kaitan evaluasi dengan pergantian Kabareskrim, Nasser mengatakan, hal tersebut sepenuhnya kewenangan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).


Editor: Rony Sitanggang

  • Anggota Kompolnas Muhammad Nasser
  • budi waseso
  • copot
  • kabareskrim

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!