BERITA

Kabut Asap di Riau, Jikalahari Tantang RAPP Padamkan Api

"Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) tantang perusahaan yang areal konsesinya terbakar untuk padamkan api di wilayah konsesinya sesegera mungkin."

Ilustrasi kebakaran hutan. Foto: Antara
Ilustrasi kebakaran hutan. Foto: Antara

KBR, Jakarta- LSM pemerhati lingkungan, Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) menantang perusahaan yang areal konsesinya terbakar, semisal RAPP untuk memadamkan api di wilayah konsesinya sesegera mungkin.

Aktivis Jikalahari, Woro Supartinah beralasan, perusahaan pemilik konsesi tak pernah menjamin areal konsesinya aman dari kebakaran lahan. Padahal, kata dia, seharusnya ada standar minimum keterbukaan dan jaminan ke publik.

"Kalau mereka (RAPP) beranggapan teknologi dan peralatan mereka punya, pastikan tidak ada hotspot sama sekali di (konsesi) RAPP. Kenapa satelit masih mengidentifikasi masih ada kebakaran di konsesi tersebut? Karena kalau kita mempertanyakan itu kepada pihak perusahaan, saya yakin mereka akan menyangkal itu,"ujarnya kepada KBR, Jumat (4/9/2015)

Sebelumnya, Juru Bicara Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Djarot Handoko mengklaim perusahaannya memiliki fasilitas lengkap sebagai tindak cepat mengantisipasi kebakaran hutan di lahannya.

Menurut Djarot, pihaknya sudah melaporkan dan berkoordinasi dengan beberapa Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau dan Kepolisian setempat terkait kebakaran areal konsesinya. 

Editor: Malika

  • Jikalahari
  • pemadaman kebakaran riau
  • kebakaran riau
  • Woro Supartinah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!