HEADLINE

Ini Tuntutan Buruh Dalam Aksi Unjuk Rasa Hari Ini

"Saat ini tengah konvoi menuju Bundaran HI. "

Demo buruh menuju ke Bundaran HI (Foto: Bambang Hari)
Demo buruh menuju ke Bundaran HI (Foto: Bambang Hari)

 KBR, Jakarta - Ribuan buruh yang bekerja di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur bersiap melakukan konvoi menuju bundaran Hotel Indonesia. 

Menurut Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Hariyadi, buruh dari Kawasan Industri Pulogadung akan bergabung dengan sekitar 60 ribuan buruh lain yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang untuk berunjuk rasa di depan Istana Negara. 

Aksi buruh kali ini dilakukan menyusul pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar, serta naiknya harga beberapa kebutuhan pokok.

"Antara lain tuntutan kita pada aksi kali ini adalah turunkan harga sembako, termasuk BBM yang memang secara kajian jauh terlalu tinggi dibanding harga bahan bakar secara umum di pasaran dunia. Kemudian, kenaikan upah 2016 juga diharapkan bisa dimulai dari sekarang, dengan 84 item naiknya sekitar 22 persen," katanya.

Selain itu, buruh juga menuntut direvisinya kebijakan yang menyangkut jaminan sosial, pensiun, dan BPJS. Kemudian, para buruh juga menuntut dibubarkannya PHI. Sebab, banyak buruh yang dipecat lantaran hal tersebut. 

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • Buruh
  • demo buruh
  • serikat pekerja metal indonesia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!