BERITA

Cegah Kebakaran Hutan Meluas, BNPB Kerahkan 16 Pesawat

"Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan 16 unit pesawat untuk memadamkan kebakaran hutan di enam provinsi."

Heli pemadam kebakaran. Foto: Antara
Heli pemadam kebakaran. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan 16 unit pesawat untuk memadamkan kebakaran hutan di enam provinsi. Deputi Penganan Darurat BNPB Tri Budiarto menjelaskan, pesawat-pesawat itu terdiri dari 13 unit jenis helikopter, dan tiga unit jenis Casa 212.

Kedua jenis pesawat itu berfungsi untuk melakukan bom air dan hujan buatan. Kata dia, beberapa pesawat yang sebelumnya tidak dapat terbang saat ini sudah bisa kembali dioperasikan menyusul dikeluarkannya izin dari Kementerian Perhubungan.

"Kami mengerahkan 13 helikopter dan 3 unit Casa 212 untuk kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera. Tiga unit ada di Pekanbaru, dua berada di Jambi, dua berada di Pontianak, satu di Banjarmasin, dan tiga di Palangkaraya. Harapannya adalah, dengan operasi water bombing dan hujan buatan maka tingkat asap yang muncul di enam provinsi bisa diminimalisir," katanya.


Tri Budiarto menambahkan, helikopter tersebut setiap harinya akan menjatuhkan ribuan liter air dari udara. Tak hanya itu, ratusan ton garam juga sudah disebarkan di awan-awan potensial sejak Juni 2015 hingga sekarang.

Untuk penanggulangan bencana asap ini BNPB menyiapkan Rp 385 miliar, di mana sebagian besar digunakan untuk sewa dan operasional pesawat. Sementara itu, pemadaman di darat juga terus dilakukan oleh BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri, MPA dan masyarakat. 

  • BNPB
  • Tri Budiarto
  • kebakaran hutan
  • bom air
  • hujan buatan
  • kabut asap

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!