HEADLINE

BPS: Inflasi Agustus Terendah sejak 2007

"Inflasi bulan Agustus karena pendidikan, rekreasi dan olahraga."

BPS: Inflasi Agustus Terendah sejak 2007
Inflasi Agustus 2015 (BPS/Ary)

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sepanjang Agustus 2015 terkendali dan mencapai 0,39 persen atau lebih rendah ketimbang bulan Juli 0,93 persen. Kepala BPS Suryamin mengatakan penyumbang inflasi paling signifikan adalah ongkos pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 1,72 persen. Ini bertepatan dengan tahun ajaran baru dan terjadi pada semua level baik SD, SMP dan SMA. Disusul kenaikan harga bahan makanan sebesar 0,91 persen yang sebagian besar dari sayuran, buah-buahan akibat musim kemarau.

“Kalau kita lihat inflasi Agustus 0,39 persen. Ini kalau saya telusuri bahkan sejak 2007, ini terendah. Dari 82 kota IHK, yang 59 inflasi dan 23 kota mengalami inflasi,” kata Kepala BPS Suryamin dalam pemaparan di kantornya Selasa,(1/9/2015).

Inflasi tertinggi terjadi di Tanjung Pandan sebesar 2,29 persen, sementara inflasi terendah terjadi di Sumenep, Kediri dan Probolinggo. Sementara itu penyumbang deflasi adalah dari sektor transportasi, komunikasi dan jasa keuangan. Ini akibat penurunan beberapa tarif angkutan baik udara, darat dan kereta api. Di mana yang tadinya ada kenaikan tarif pada bulan Juli karena lebaran, arus mudik dan arus balik sekarang sudah kembali normal.  

Editor: Rony Sitanggang

  • Kepala BPS Suryamin
  • ongkos pendidikan
  • rekreasi dan olahraga inflasi agustus
  • inflasi agustus

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!