BERITA

Pertamina Janjikan Pasokan LNG untuk KAI

"Pasokan LNG dari Pertamina ini merupakan salah satu bentuk nota kesepahaman kerja sama bisnis dalam rangka sinergi BUMN"

Khusnul Khotimah

Pertamina Janjikan Pasokan LNG untuk KAI

KBR, Jakarta- Pertamina menyanggupi pasokan LNG atau gas alam cair yang dibutuhkan  PT. Kereta Api Indonesia (KAI) untuk tahun-tahun mendatang. Dirut Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan nantinya Pertamina akan menyediakan tempat pengisian. Sementara pasokan LNG bisa berasal dari Blok Cepu dan receiving terminal atau terminal penerima di Banten.

PT KAI saat ini masih menggunakan bahan bakar fosil dan merencanakan konversi ke gas dan listrik. Dengan penggunaan LNG, menurut Dwi dapat menghemat 20 hingga 40 persen bahan bakar fosil.

“Untuk penggunaan LNG nanti iya Pertamina yang menyediakan LNG nya. Pasokannya nanti macam-macam. Bisa dari Tangguh juga dari Bontang, Sulawesi Tengah, Jawa bagaimanapun pasti ada yang masuk, “kata Dirut Pertamina Dwi Soetjipto, Jumat (28/8/2015).

Pasokan LNG dari Pertamina ini merupakan salah satu bentuk nota kesepahaman kerja sama bisnis dalam rangka sinergi BUMN. Bentuk kerjasama lainnya adalah pengangkutan bahan bakar minyak yang sebelumnya diangkut dengan truk, maka akan menggunakan pipa yang menggunakan lahan dari PT KAI. 

Editor: Malika 

  • LNG
  • gas alam cair
  • Pertamina
  • PT KAI

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!