BERITA

Percepat Serap Anggaran, Dirjen Bina Marga Lelang Proyek

"Hingga Agustus, serapan anggaran di Bina Marga baru mencapai 30 persen. "

Ilustrasi. Pembangunan jalan. Foto: Antara
Ilustrasi. Pembangunan jalan. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan lelang proyek tahun anggaran 2016. Dirjen Bina Marga KemenPUPera Hediyanto Husaini mengatakan, ini merupakan upaya mempercepat penyerapan anggaran. Sebab hingga Agustus, serapan anggaran di Bina Marga baru mencapai 30 persen.

Nilai ini lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu, yang mencapai 44 persen. Ia beralasan, kelambatan ini dikarenakan anggaran baru disetujui dewan Maret ini.

"Kita umumkan hari ini untuk lelang, tujuannya agar bisa menyelesaikan lelang secepatnya, jadi nanti tanggal 1 Januari sudah tanda tangan kontrak. Kalau tanda tangan kontrak 1 Januari, kita bisa menyelesaikan proyek ini lebih cepat. Pengalaman dari tahun-tahun ini atau tahun lalu, kadang-kadang lelang ini agak berlarut-larut sampai bulan Maret, April bahkan kadang-kadang sampai Agustus, belum selesai. Ini kita akan susah nanti ke depan menyerap anggarannya, kalau tidak dirubah cara berlelang ini, dengan memulai lebih dini," kata Hediyanto ketika dihubungi KBR, Jumat (28/8/2015)

Hediyanto Husaini menambahkan, lelang proyek yang diluncurkan terdiri 61 paket dengan nilai 3,7 triliun Rupiah. Kata dia, proyek yang berupa pembangunan jalan dan jembatan tersebut tersebar di 34 provinsi, dengan nilai minimal satu paket sekitar 50 miliar rupiah.

Pada tahun anggaran 2016, Dirjen Bina Marga mendapat total alokasi anggaran sebesar 56 triliun rupiah.

Editor: Malika

  • lelang proyek
  • penyerapan anggaran
  • serapan anggaran Bina Marga

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!