BERITA

Pemerintah Jadikan Migas sebagai Industri Prioritas

Pemerintah  Jadikan Migas sebagai Industri Prioritas

KBR, Jakarta- Pemerintah ingin menjadikan sektor minyak dan gas bumi (migas) sebagai industri prioritas. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, sektor migas memiliki peran besar dalam perekonomian nasional.

Sehingga, kata dia, sektor itu bisa menyusul sektor infrastruktur, yang lebih dulu menjadi prioritas.

"Sektor migas adalah sektor yang sangat besar peranannya di dalam ekonomi kita. Sektor migas adalah sektor yang memerlukan expertise dan dana yang besar. Bersama-sama dengan pengembangan SDM dan pemilihan sektor prioritas yang akan dilakukan pemerintah, maka area sektor migas ini akan bisa kita sempurnakan pada tahun ini juga," kata Darmin di Jakarta Convention Center, Rabu (25/05/16).

Darmin berujar, selama ini sektor migas seperti menjadi industri yang terbatas, karena rumit dan sensitif. Sehingga, tidak banyak investasi yang masuk di sektor itu. Apalagi, kata Darmin, harga minyak mentah dunia semakin menurun dalam dua tahun terakhir, seiring dengan perlambatan ekonomi global. 

Darmin mengatakan, saat ini pemerintah terus berupaya menghindarkan Indonesia terseret dalam arus perlambatan ekonomi global. Salah satu strateginya adalah dengan menarik investasi ke Indonesia. Namun, kata dia, upaya itu belum membuahkan hasil maksimal, meski pemerintah telah mengeluarkan 12 paket kebijakan ekonomi, termasuk yang deregulasi tentang kemudahan berusaha dan daftar negatif investasi.

Darmin mengatakan, saat ini sudah tidak ada waktu lagi untuk menunda pengembangan ekonomi dari sektor migas.

Dia berujar, sejak krisis ekonomi Asia pada 1998, produksi migas nasional terus menurun dan situasi itu semakin diperburuk dengan kerangka kebijakan di sektor itu yang tidak maksimal. Sehingga, mulai tahun ini, pemerintah akan memberikan perhatian lebih di sektor migas, terutama dalam hal memangkas perizinan.

Editor: Rony Sitangggang

 

  • sektor migas
  • perlambatan ekonomi
  • Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
  • sektor prioritas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!