BERITA

Jepang Sepakati Pembangunan Pelabuhan Patimban Subang

Jepang Sepakati Pembangunan Pelabuhan Patimban Subang
Rencana lokasi pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. (Sumber: Dishub Jabar)

KBR- Pemerintah Jepang sepakati kerjasama pembangunan pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe siang tadi, Jumat (27/05), Presiden Jokowi mengatakan bahwa PM Abe telah sepakat untuk bekerjasama.

Sebelumnya, dalam rapat terbatas mengenai rencana pembangunan pelabuhan Patimban di kantor presiden, Senin 2 Mei 2016 lalu, presiden mengatakan bahwa dibutuhkan pelabuhan yang besar di Pantai Utara untuk meningkatkan efisiensi transportasi dan logistik.

Semula di Cimalaya akan dibangun pelabuhan besar tersebut, namun karena pembangunan di wilayah tersebut berpotesi mengganggu infrastruktur migas dan lain sebagainya, maka Patimban ditetapkan sebagai lokasi baru pembangunan pelabuhan besar di pantai utara.

"Kita harapkan dengan adanya pelabuhan ini jalur distribusi dan lalu lintas dapat dipangkas, tidak perlu lagi menempuh jalur darat yang terlalu jauh untuk sampai ke Jakarta, ke Semarang, atau ke Surabaya," ucap Presiden saat itu melalui siaran pers yang diterima KBR dari tim komunikasi presiden, Jumat (27/05).

Dalam pertemuan dengan PM Shinzo AbePresiden Jokowi juga menjelaskan tentang  pembangunan jalur kereta api lintas utara Jakarta-Surabaya.

"Tadi saya sampaikan kita akan kalkulasi terlebih dahulu, akan kita perdalam lagi kalkulasinya," ujar Presiden.

Turut mendampingi presiden dalam memberikan keterangan pers, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menteri PPN/ Kapala Bappenas Sofyan Djalil, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Usai memberikan keterangan pers, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung bertolak kembali ke tanah air dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 dan diperkirakan tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta pada Jumat tengah malam, 27 Mei 2016.

Editor: Dimas Rizky

  • pelabuhan patimban subang
  • Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
  • presiden joko widodo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!