HEADLINE

Dalih Tekan Harga, Pemerintah Impor Ratusan Ribu Ton Gula

""Operasi pasar juga akan terus kita lakukan dengan kisaran harga Rp 11.500 hingga Rp 12 ribu""

Yudi Rachman

Dalih Tekan Harga, Pemerintah Impor Ratusan Ribu Ton Gula
Petugas melayani warga pada Operasi Pasar Gula Pasir di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/5). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Pemerintah mengimpor gula mentah untuk meningkatkan stok nasional dan menurunkan harga jelang  puasa dan lebaran. Menurut Menteri Perdagangan Thomas Lembong, pemerintah mengimpor gula mentah sekitar 381 ribu ton yang dilakukan oleh PTPN dan RNI.

Kata Lembong, impor gula sudah dimulai sejak 1 Juni dan akan selesai pada akhir Juli mendatang.

"Pemerintah menugaskan PTPN dan RNI untuk mengimpor gula  mentah sebesar 381 ribu ton untuk diolah menjadi gula konsumsi. Operasi pasar juga akan terus kita lakukan dengan kisaran harga Rp 11.500 hingga Rp 12 ribu di titik-titik lokasi yang kelihatan harganya masih tinggi," jelas Menteri Perdagangan Thomas Lembong di Jakarta, Selasa (31/5)

Menteri Perdagangan Thmomas Lembong menambahkan, pemerintah menargetkan harga gula pada kisaran Rp 11.500 hingga Rp 12 ribu perkilo gram. Kata Lembong, harga itu bisa dicapai karena Indonesia sudah memasuki masa giling tebu yang mampu memenuhi kebutuhan gula nasional sekitar 30% dari sektor BUMN. Sedangkan sisanya dipenuhi dari impor dan industri gula swasta.

 

  • impor gula
  • Menteri Perdagangan Thomas Lembong
  • PTPN
  • rajawali nusantara indonesia (RNI)

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!