BERITA

Aliansi Aktivis Literasi: Upaya sweeping ini harus kita lawan!

Aliansi Aktivis Literasi: Upaya sweeping ini harus kita lawan!

KBR, Jakarta- Sekelompok orang yang menamakan diri Aliansi Aktivis Literasi melakukan unjuk rasa damai di Taman Ismail Marzuki. Aliansi terdiri dari Goenawan Mohamad, Yusi Avianto, Anton Kurnia, dan juga Okky Madasari. 

Mereka mengkritik upaya aparat keamanan yang menyisir (sweeping), dan menyita buku-buku yang dianggap terkait dengan paham komunis.

Goenawan Mohamad menyebut, upaya sweeping yang dilakukan aparat keamanan merupakan kebodohan yang tak terelakkan. Sebab, sweeping dilakukan tanpa melihat konten, atau isi buku.

"Upaya sweeping ini harus kita lawan! Kita harus banyak lagi bikin buku, dan diskusi-diskusi semacam ini," ujarnya.

Dalam aksinya, aliansi mendesak aparat polisi dan militer segera menghentikan razia dan pemberangusan buku di berbagai daerah.  Mereka juga meminta Pemerintah bersungguh-sungguh melindungi hak-hak warga negara untuk mengakses dan membaca buku, serta melakukan diskusi publik. 

Selain itu, kelompok ini juga mengajak para pemangku kepentingan perbukuan nasional seperti penulis, penerbit, penerjemah, penyunting, penjual buku bersatu menolak pemberangusan buku.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Boy Rafli Amar menyatakan, penangkapan orang yang menggunakan atribut palu arit serta penyitaan atribut dan buku-buku  terkait komunisme sudah sesuai aturan . Boy berdalih, tindakan kepolisian ini untuk membangun kesadaran hukum terkait demokrasi. 

Editor: Malika

  • Goenawan Mohamad
  • Okky Madasari
  • Yusi Avianto
  • Anton Kurnia
  • Aliansi Aktivis Literasi
  • sweeping buku

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!