HEADLINE

Presiden Targetkan Harga 3 Komoditas Turun Sebelum Hari Raya

"Saya ingin tahun ini terutama masalah harga daging sapi itu jangan sampai seperti tahun lalu atau seperti harga pada saat ini.""

Presiden Targetkan Harga 3 Komoditas Turun Sebelum Hari Raya
Ilustrasi

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menargetkan harga tiga bahan pokok turun menjelang bulan puasa dan lebaran, yakni daging, beras dan minyak. Kata dia, harga daging sapi diharapkan bisa berada di kisaran 80 ribu rupiah perkilogram.

Sementara, harga beras semestinya juga turun lantaran bertepatan dengan panen raya.

"Saya ingin tahun ini terutama masalah harga daging sapi itu jangan sampai seperti tahun lalu atau seperti harga pada saat ini. Saya ingin harga itu betul-betul paling tidak kurang dan lebih di angka 80 ribu," kata Jokowi ketika membuka rapat terbatas persiapan bulan puasa dan Idul Fitri di kantor Presiden, Selasa (26/4/2016). 

Jokowi melanjutkan, "beras juga karena ini pas panen raya mestinya juga sama, harganya juga bisa diturunkan. Hal-hal yang sudah menjadi rutinitas kita dari tahun ke tahun setiap akan lebaran naik, tahun ini coba kita jungkirbalikkan menjadi harganya turun."

Persiapan Mudik

Presiden Jokowi meminta selain pangan, masalah kemacetan juga harus ditangani. Ia meminta persiapan sarana prasarana, ketersediaan pasokan BBM, serta pelayanan selama mudik juga menjadi perhatian.

"Kita harapkan tahun ini kemacetan di jalur-jalur mudik yang sudah menjadi masalah klasik itu bisa kita kurangi, syukur kita hilangkan. Oleh sebab itu, aspek kualitas di bidang pelayanan, keselamatan  dan kenyamanan penumpang harus semuanya kita perhatikan," ujar dia.


Jokowi juga telah menginstruksikan kepada Menteri Pekerjaan Umum untuk mengganti sistem manual gerbang tol dengan sistem daring.


"Saya kira di negara-negara yang lain, sekarang sudah nggak ada yang pakai gerbang tol. Semuanya dengan aplikasi-aplikasi sensorik yang nanti langsung dihubungkan dengan account di bank, langsung masuknya ke sana," tambah Jokowi.


Editor: Rony Sitanggang

  • persiapan mudik 2016
  • presiden joko widodo
  • harga sembako

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!