HEADLINE

Taksi Blue Bird Tolak Blokir Aplikasi Transportasi Online

""Kalau buat kami yang penting pemerintah tegas""

Bambang Hari

 Taksi Blue Bird Tolak Blokir Aplikasi Transportasi Online
Demo sopir taksi, bajaj, dan angkutan umum di depan Balai Kota Jakarta menolak Uber dan Grab. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Kementerian Komunikasi dan Informasi dinilai melakukan langkah yang tepat dengan tidak memblokir aplikasi transportasi berbasis online. Direktur Utama PT Bluebird, Adrianto Djokosoetono kmengatakan, di era digital seperti sekarang ini, berbagai fasilitas dikembangkan melalui aplikasi berbasis online. Seharusnya pemerintah bisa mempertegas kembali aturan mengenai transportasi umum.

"Kalau buat kami yang penting pemerintah tegas. Terus terang saja, kami sanggup beradaptasi dalam menghadapi dunia siber sekarang ini. Seperti mereka, kami juga punya aplikasi berbasis android dan sebagainya. Saya pikir, Kominfo sudah tepat tidak memblokir aplikasi. Sebab, aplikasi itu kan hanya sarana untuk reservasi. Saat ini dunia internet perkembangannya sangat pesat. Kita harus mengikuti perkembangan tersebut," ujar Direktur Utama PT Bluebird, Adrianto Djokosoetono  kepada KBR, Selasa (15/03).


Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara memutuskan untuk tidak menutup aplikasi transportasi berbasis online, seperti GrabCar dan Uber. Sebaliknya, Rudiantara akan mengatur kedua aplikasi tersebut agar tak terjadi gesekan.


Aturan itu dibuat dengan pendekatan aturan yang dinamis atau light touch regulation. Bukan aturan untuk melakukan penindakan atau penertiban ketika dianggap sudah melanggar.


Sebelumnya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan merekomendasikan kepada  Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir Grabcar dan Uber. Rekomendasi dikeluarkan setelah ribuan  supir taksi dan angkutan umum berunjukrasa menolak kedua layanan transportasi berbasis aplikasi tersebut.


Editor: Rony Sitanggang

 

  • blue bird
  • uber taksi
  • grab car
  • penutupan aplikas
  • blokir aplikasi
  • Direktur Utama PT Bluebird
  • Adrianto Djokosoetono

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!