HEADLINE

Pesawat Jatuh, Pemerintah Minta Alutsista TNI AU Dievaluasi

""Maka perlu ada evaluasi terhadap pesawat-pesawat yang digunakan latihan oleh Angkatan Udara," "

Pesawat  Jatuh, Pemerintah Minta Alutsista TNI AU Dievaluasi
Ilustrasi: Pesawat super tucano TNI AU (Sumber: TNI AU)

KBR, Jakarta- Pemerintah meminta alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI Angkatan Udara dievaluasi. Ini menyusul jatuhnya pesawat latih tempur Super Tucano TNI AU di permukiman warga di Jalan LA Sucipto, Malang. Sekretaris Kabinet Pramono Anung beralasan, insiden tersebut hampir sama dengan yang terjadi di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Pramono heran lantaran dua pesawat tersebut jatuh dalam sesi latihan ringan. Selain itu, pesawat diterbangkan oleh pilot yang terlatih.

"Kemungkinan technical error. Artinya ada sesuatu dalam pesawat tersebut. Maka dengan demikian karena ini dalam waktu yang relatif pendek, kejadian di Yogya dan di Malang, maka perlu ada evaluasi terhadap pesawat-pesawat yang digunakan latihan oleh Angkatan Udara," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana, Rabu(10/2). 

Pramono melanjutkan, "sebab kalau dilihat penerbang baik di Yogya maupun di Malang, ini adalah penerbang yang lulusan Akademi Angkatan udara. Artinya adalah seseorang dengan kapasitas dan kapabilitas yang cukup untuk menerbangkan pesawat."

Pramono Anung menambahkan, sampai saat ini pemerintah masih menunggu informasi tentang korban insiden tersebut. Kata dia, ada kemungkinan korban jiwa, tetapi belum ada kepastian lebih lanjut.

"Ada kemungkinan dari laporan yang ada, ada yang meninggal, sekarang baru dikonfirmasi, jumlah dan sebagainya," kata Pramono.


Editor: Rony Sitanggang

  • Pesawat TNI AU Jatuh
  • Sekretaris Kabinet Pramono Anung
  • pesawat latih tempur Super Tucano TNI AU

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Jalak putih 17 budi wibowo4 years ago

    Bismillah, pesawat latih dasar perlu ditambah di skadron latih TNI AU jika perlu dengan YAK.152,atau juga jenis lain,termasuk J.10 falcon jadi kita kombinasikan antara KT.wong be dengan pesawat lainnya agar pilot pilot pemula bisa merasakan kelebihan serta kekurangan yang dipunya setiap kapal latih tempur dasar