HEADLINE

Lantik Gubernur, Presiden Minta Turun Ke Lapangan

Lantik Gubernur, Presiden Minta Turun Ke Lapangan

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menginstruksikan gubernur dan wakil gubernur hasil pilkada serentak untuk bekerja keras siang dan malam. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam pelantikan 7 gubernur dan wakil gubernur  di Istana Negara hari ini.


Kata Jokowi, kepala daerah terpilih harus mengambil langkah kongkret untuk menyelesaikan masalah-masalah mendasar di masyarakat seperti kemiskinan, kesenjangan sosial. Jokowi meminta kepala daerah tidak bekerja di belakang meja dan turun langsung ke lapangan.


"Saudara-saudara harus berjanji bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap rakyat di seluruh pelosok wilayah untuk bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari," kata Presiden Jokowi di Istana Negara, (12/2). 


Jokowi melanjutkan, "memastikan semua rakyat di daerah yang saudara-saudara pimpin mendapatkan air bersih, memperoleh listrik, menikmati layanan transportasi yang terjangkau serta bisa mengakses layanan pendidikan dan kesehatan dengan sebaran dan kualitas yang baik."


Hari ini Presiden Joko Widodo melantik 7 pasang gubernur dan wakil gubernur hasil pilkada serentak tahap pertama. Ketujuh pasang gubernur dan wakil gubernur tersebut antara lain Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan, dari Kalimantan Selatan, Zumi Zola dan Fachrori Umar dari Jambi, Irwan Prayitno dan Nasrul Abit dari Sumatera Barat, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw dari Sulawesi Utara, Muhammad Sani dan Nurdin Basirun dari Kepulauan Riau, Irianto Lambrie dan Udin Hianggo dari Kalimantan Utara serta Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah dari Bengkulu.


Sedangkan pelantikan 219 bupati/walikota dan wakil bupati/walikota akan dilaksanakan serentak pada 17 Februari mendatang oleh gubernur di masing-masing provinsi. Setelah itu, duaratusan kepala daerah tingkat dua tersebut akan mengikuti pengarahan dari Presiden Jokowi di Istana Negara. Sementara untuk pelantikan kepala daerah yang masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi direncanakan sekira  Maret mendatang.



Editor: Rony Sitanggang

 

  • pelantikan gubernur terpilih
  • presiden joko widodo
  • turun ke lapangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!