BERITA

HUT ke-70, Vietnam Parade 30 Ribu Warga

"Acara ini melibatkan ribuan personel angkatan bersenjata dan penduduk sipil. "

HUT ke-70, Vietnam Parade 30 Ribu Warga
Pendukung Vietnam meneriakkan yel yel saat pertandingan penyisihan Piala AFF 2014 melawan timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (22/11)/ANTARA FOTO.

KBR, Hanoi - Vietnam hari ini memperingati 70 tahun kemerdekaannya dengan parade besar-besaran di ibukota Hanoi. Acara ini melibatkan ribuan personel angkatan bersenjata dan penduduk sipil.

Sebanyak 30.000 orang berparade di alun-alun Ba Dinh. Lokasi itu adalah tempat pendiri Vietnam, Ho Chi Minh, membacakan proklamasi kemerdekaan 70 tahun lalu.


Wakil Kepala angkatan bersenjata Vietnam, Vo Van Tuan mengatakan, tidak ada misil dan angkutan berat yang diikutsertakan tahun ini karena alasan biaya.


Presiden Vietnam, Truong Tan Sang, dalam pidatonya menyatakan Vietnam kini telah berubah dari negara miskin jadi negara kelas menengah dengan stabilitas politik. Dia mengatakan negaranya memiliki tantangan berupa perang, konflik etnik dan agama, serta sengketa perbatasan terutama di Laut Tiongkok Selatan.


Peringatan Hari Nasional Vietnam juga dihadiri Perdana Menteri, Ketua Partai, juga perwakilan negara tetangga. Sementara warga tidak boleh masuk area peringatan dan hanya bisa menonton dari layar raksasa yang disediakan atau siaran langsung televisi.


Sebagai info, Vietnam memproklamirkan kemerdekaan dari jajahan Prancis pada 2 September 1945. (ChannelnewsAsia)


Editor : Sasmito Madrim

  • Vietnam
  • HUT Kemerdekaan
  • Presiden Vietnam
  • Truong Tan Sang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!