HEADLINE

Kenalin Agus Widjojo, Penggagas Simposium Tragedi 65

"Agus Widjojo mengakhiri jabatan militernya sebagai Kepala Staf Teritorial TNI. Ia juga tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR mewakili fraksi militer dan kepolisian "

Ika Manan

Kenalin Agus Widjojo, Penggagas Simposium Tragedi 65
Agus Widjojo, Ketua Panitia Pengarah Simposium Nasional Tragedi '65. (Foto: Kemlu.go.id)

KBR, Jakarta- Agus Widjojo, adalah pensiunan perwira tinggi Angkatan Darat. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini mengakhiri jabatan militernya sebagai Kepala Staf Teritorial TNI. Ia juga tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR mewakili fraksi TNI/Polri.

Lulusan Akademi Militer tahun 1970 ini satu angkatan dengan dua bekas KSAD, Subagyo Hadi Siswoyo dan Tyasno Sudarto. Ayahnya, adalah salah satu pahlawan revolusi, Mayjen (Anumerta) Sutoyo Siswomiharjo. Sutoyo mati pada peristiwa G30S.

"Ayah saya kan mati di lubang buaya, tak ada yang bisa menghidupkan ayah saya lagi. Saya juga tak persoalkan matanya dicungkil atau tidak. Tapi ketika diangkat jenazah ada lubang peluru. Ketika yang lain diangkat jenazahnya ada tusukan, cukup buat saya itu pembunuhan," katanya kepada KBR.

Agus kini berkecimpung di Centre for Strategic and International Studies dan menulis berbagai artikel tentang isu-isu keamanan di wilayah Asia-Pasifik. Dia telah menulis buku Transformasi TNI Dari Pejuang Kemerdekaan Menuju Tentara Profesional dalam Demokrasi: Pergulatan TNI Mengukuhkan Kepribadian dan Jati Diri.

Editor: Rony Sitanggang

  • Simposium nasional “Membedah Tragedi 1965”

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!