HEADLINE

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Rokan Hulu

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Rokan Hulu
Banjir di Rokan Hulu, Riau (Sumber: BNPB)

KBR, Jakarta- Banjir yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu, Riau merupakan yang terparah dari beberapa tahun sebelumnya. Menurut Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, banjir di Kabupaten Rokan Hulu, Riau merendam 1050 rumah dengan ketinggian 1.5 meter.

Kata Sutopo, banjir kali ini menyebabkan hampir 4 ribu orang terdampak. Selain itu, luasan daerah yang tergenang juga bertambah dari tahun-tahun sebelumnya.Banjir ini disebabkan karena debit dan ketinggian air yang meningkat di Sungai Rokan, Sungai Muara Bandar, Sungai Palis dan Sungai Batang Lubuh.

"Hampir setiap tahun terjadi banjir, berdasarkan dari laporan BPBD ini adalah banjir terparah dalam sejarah di sana dan banjir juga meluas dan cukup tinggi dibandingkan dengan banjir-banjir sebelumnya," jelas Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho kepada KBR, Senin (8/2/2016) 

Sutopo melanjutkan, "kalau Kabupaten Rokan Hulu baru kemungkinan besok surat status tanggap darurat ditandatangani oleh Bupati Rokan Hulu."

Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho menambahkan, BNPB sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk membantu proses evakuasi dan koordinasi penanggulangan banjir di Rokan Hulu. Akibat besarnya banjir dan luasnya daerah yang terdampak, maka besok akan ditandatangani surat pernyataan tanggap darurat oleh Bupati Rokan Hulu, Riau.


Editor: Rony Sitanggang

  • bencana banjir
  • Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho
  • banjir rokan hulu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!