NUSANTARA

Susu Gratis, Pemerintah akan Impor 2,15 Juta Sapi Perah

""Solusi strategi baru bagi kita adalah bagaimana menghadirkan sapi tropis""

Hoirunnisa

Impor sapi perah untuk program susu gratis
Ilustrasi: Peternak sapi perah di Desa Kresek, Wungu, Kabupaten Madiun, Jatim, Sabtu (09/05/20). (Antara/Siswowidodo)

KBR, Jakarta-  Kementerian Pertanian (Kementan) mengungkapkan rencana untuk melakukan impor sapi perah sebanyak 2,15 juta ekor sapi  perah di antaranya untuk memenuhi kebutuhan program susu gratis. Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Makmun menyebut impor dilakukan karena kebutuhan susu terus bertambah.

kata dia, pada 7 tahun terakhir saja dari 2017 hingga 2023 meningkat 6 persen per tahun. Namun, produksinya hanya naik satu persen per tahun.

"Saya kira yang harus menjadi sebuah langkah Inovasi Atau langkah solusi strategi baru bagi kita adalah bagaimana menghadirkan sapi tropis untuk hadir di Indonesia dan nanti kita bisa sebar di seluruh wilayah. Dan harapan kita adalah masing-masing wilayah mampu memenuhi kebutuhan dari program ini masih di daerahnya masing-masing," ujar Makmun dalam konferensi pers Rabu (17/4/2024).

Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Makmun menyebut kebutuhan anggaran dalam rencana penambahan sapi perah impor adalah sebesar Rp90 triliun.


Baca juga:

Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Makmun mengatakan, di luar kebutuhan reguler, program minum susu gratis bagi 82,9 juta siswa sekolah dari seluruh usia sekolah hingga ibu hamil membutuhkan anggaran senilai Rp49,5 triliun untuk pengadaan 1,1 juta ekor sapi perah. 

kata dia, jumlah itu untuk memenuhi 4,1 juta ton susu segar per tahun.

"Ini saya kira jumlah yang tidak kecil saat besar. Untuk ini semua kita tetap mengupayakan untuk penambahan sapi perahnya," kata Makmun.

Kata dia, sapi perah impor rencananya akan didatanagkan   dari 4 negara, yakni Australia 100 ribu ekor, selandia baru 50 ribu ekor, Amerika Serikat 500 ribu ekor, Brazil 1,5 juta ekor.

Editor: Rony Sitanggang

  • Prabowo-Gibran
  • makan siang gratis
  • susu gratis
  • impor sapi perah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!