NUSANTARA

Dekranas Kawal UMKM Binaan Perluas Pasar Global

"Kemauan untuk memperbaiki produk itu berkaitan dengan selera pasar internasional."

Ardhi Ridwansyah

Dekranas
Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Tri Tito Karnavian pada kegiatan Konfrensi Pers HUT Dekranas ke-44 (8/5/2024). (Foto: Youtube Dekranas RI)

KBR, Jakarta – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) berkomitmen mengawal pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan di seluruh Indonesia untuk memperluas pasar hingga menembus ke tingkat global.

Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian mengatakan, selama ini pihaknya dengan kementerian-kementerian pengampu telah memberi kesempatan untuk pengrajin ikut serta dalam pameran di luar negeri. Namun memang, produk yang bisa dipamerkan tentu sudah melewati proses kurasi.

“Nah ini di setiap kementerian hampir semuanya punya misalnya di Kementerian Investasi/BKPM, Perdagangan, Perindustrian, rata-rata punya mereka untuk promosi ke luar negeri. Hanya saja kita juga tergantung pada pengrajinnya apakah mereka mau untuk memperbaiki produknya,” ucap Tri dalam Konferensi Pers HUT Dekranas ke-44, Rabu (8/5/2024) dipantau via Youtube Dekranas Indonesia, Rabu (8/5/2024).

Lanjutnya, kemauan untuk memperbaiki produk itu berkaitan dengan selera pasar internasional yang menurutnya sangat berbeda dengan selera lokal.

“Bagaimana agar bisa diterima oleh internasional karena selera internaisonal kadang-kadang sangat berbeda dengan selera lokal sehingga mereka juga harus punya pengetahuan-pengetahuan agar bisa diterima di pasar luar negeri,” ucapnya.

Kata dia, salah satu guna membantu perbaikan kualitas itu dengan membangun sinergitas antara Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bersama pemerintah daerah untuk memajukan dan mendukung kegiatan para pengrajin.

“Dengan melakukan pelatihan-pelatihan, bantuan-bantuan modal atau apapun yang diperlukan oleh para pengrajin,” tuturnya.

Baca juga:

Jogja Fashion Week 2024: Dagadu, Wearing Klamby, dan Buccini Unjuk Gigi

Perkembangan Pusat Grosir Fashion Accesories di Asemka

Editor: Fadli

  • Jogja Fashion Week
  • Yogyakarta
  • JFW 2024

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!