NASIONAL

Jokowi Jamin Harga BBM Tidak Naik

""Nanti biar Pak Menko yang menyampaikan atau dari Pertamina yang menyampaikan.""

Astri Septiani

Jokowi Jamin Harga BBM Tidak Naik
Petugas melayani pengisian BBM jenis Pertalite di salah satu SPBU Desa Kuta Padang, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Jumat (23/2/2024). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo memastikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak naik dalam waktu dekat. Kepastian itu disampaikan Jokowi usai melakukan rapat terbatas membahas BBM di kompleks Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3/2024).

"BBM nanti biar Pak Menko yang menyampaikan atau dari Pertamina yang menyampaikan. Tidak (naik). Tapi nanti yang menyampaikan akan dari Pertamina," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan tidak ada kenaikan tarif dasar listrik dan BBM hingga Juni 2024 mendatang.

Airlangga mengatakan kepastian itu telah diputuskan dalam sidang kabinet paripurna.

Baca juga:

Pada Januari lalu, PT. Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga BBM nonsubsidi. Ada empat jenis BBM yang mengalami penurunan harga di antaranya Pertamax, Pertamax turbo, Dexlite, dan Pertamina dex.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan evaluasi harga jual BBM nonsubsidi atau jenis bahan bakar umum dilakukan secara berkala.

"Penyesuaian harga wajar mengikuti fluktuasi minyak dunia, saat ini harganya sedang turun maka harga jual produk BBM nonsubsidi pertamina, yakni pertamax series maupun dex series kembali turun, berlaku mulai 1 Januari 2024," kata Irto Ginting saat dihubungi KBR, Selasa (2/1/2024).

Editor: Wahyu S.

  • Pertamina
  • harga BBM
  • ekonomi
  • Presiden Jokowi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!