BERITA

Pemerintah Bantah Sudah Putuskan Beli Helikopter Kepresidenan Buatan Agusta Westland

"Pemerintah juga belum membahas secara khusus rencana pembelian helikopter kepresidenan."

Pemerintah Bantah Sudah Putuskan Beli Helikopter Kepresidenan Buatan  Agusta Westland
Ilustrasi: Helikopter Agusta Westland AW 101 (Sumber: Situs Agusta)

KBR, Jakarta - Pemerintah menyatakan tidak pernah membuat keputusan mengenai kebutuhan helikopter VVIP. Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengatakan presiden serta wakil presiden tidak pernah meminta secara khusus membahas pembelian pesawat tersebut, seperti yang diberitakan di media.

Meski demikian, hal ini nantinya akan dibahas oleh presiden dalam waktu dekat. Mengenai jenis pesawat yang akan dibeli juga, Pramono memyatakan belum mengambil keputusan.


"Mengenai helikopter sampai hari ini sebenarnya presiden dan wapres, pemerintah, belum pernah membuat keputusan tentang kebutuhan vvip tersebut. Bahwa ada usulan, diusulkan, dianggarkan oleh KSAU, kemarin pada waktu presiden mau berangkat, presiden memberikan perintah kepada seskab untuk mengagendakan setelah beliau pulang untuk mengadakan rapat terbatas," ujar Pramono di kantornya, Selasa (1/12).


Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengakui Kepala Staf Angkatan Udara telah menyodorkan jenis-jenis helikopter  yang akan dijadikan helikopter VVIP dan nantinya pemerintah yang akan memutuskan.


Saat ditanya apakah akan menggunakan industri nasional, Pramono menyatakan pada 9 dan 11 Desember presiden akan berkunjung ke PT Dirgantara Indonesia untuk melihat jenis helikopter N-19 dan Super Puma. 

Pernyataan berbeda sebelumnya disampaikan Menkopolhukam Luhut Pandjaitan. Luhut   menyebut pembelian helikopter kepresidenan untuk kepentingan keamanan.  Luhut berdalih  selama ini helikopter yang digunakan presiden sudah berumur 30 tahunan lebih.

Nantinya pembelian helikopter tersebut harus dilakukan oleh TNI Angkatan Udara.

"Umur daripada angkutan itu misalnya untuk Hercules C130 presiden itu, saya masih pangkat kapten tahun 1978, masa mau dipake terus. Nanti kalian ribut lagi klo ada apa-apa. Sama juga helikopter, umurnya sudah 30an tahun juga," ujar Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/11).


Sebelumnya, pemerintah bakal membeli helikopter kepresidenan. Helikopter yang disebut akan dibeli yakni Agusta Westland AW-101 buatan Italia dan Inggris untuk menunjang tugas kepresidenannya.  


Editor: Rony Sitanggang

  • helikopter kepresidenan
  • Agusta Westland AW-101
  • Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan
  • Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!